Selain Islam, Agama Lain Juga Berpuasa

Meilikhah    •    Kamis, 25 Jun 2015 14:50 WIB
ramadan 2015
Selain Islam, Agama Lain Juga Berpuasa
Muslim pria tengah menunggu waktu berbuka puasa.

Metrotvnews.com, Jakarta: Islam mengenal puasa sebagai sarana ibadah seorang muslim untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Salah satunya dilakukan saat Ramadan. Selama Ramadan, umat muslim diwajibkan berpuasa dan memperbanyak ibadah.

Selain Islam, agama lain juga ternyata melaksanakan ibadah puasa. Namun, puasa di agama lain berbeda dengan kewajiban puasa Ramadan umat muslim atau puasa sunnah lain. Para dokter, ilmuan bahkan filsuf mengadopsi puasa sebagai proses yang diperlukan untuk penyembuhan penyakit.

Umat Yahudi misalnya, puasa merupakan sebuah penebusan dosa atau pertobatan yang dilakukan selama sepuluh hari, dimulai dengan Rosh Hashanah (tahun baru Yahudi) dan berakhir pada Yom Kippur (hari penebusan). Pada hari ini orang-orang Yahudi berpuasa selama 25 jam dari matahari terbenam pada malam sebelumnya sampai matahari terbenam pada malam berikutnya.

Puasa dalam agama Kristen dilakukan pada pra-Paskah. Puasa ini, menurut pengamatan Katolik Roma, Anglikan dan gereja-gereja tertentu lain adalah periode 40 hari puasa dan penyesalan dalam teladan Yesus Kristus dalam puasanya di padang Gurun Yudea. Cara umat Kristiani berpuasa yakni menghindari makan daging selama beberapa hari atau dalam kasus lain hanya makan satu kali sehari selama puasa.

Umat Hindu berpuasa mengikuti anjuran yang ada dalam kitab suci Veda. Puasa dalam agama Hindu adalah penolakan kebutuhan fisik tubuh demi keuntungan spiritual. Menurut kitab suci Hindu, puasa membantu menciptakan pembiasaan dengan membangun hubungan yang harmonis antara tubuh dan jiwa. (Onislam)



(MEL)