Dibuang ke Toilet, Ikan Koki Ini Berubah Menjadi 'Monster'

Willy Haryono    •    Kamis, 25 Jun 2015 15:32 WIB
satwa
Dibuang ke Toilet, Ikan Koki Ini Berubah Menjadi 'Monster'
Perbandingan ikan koki yang menjadi besar setelah dibuang melalui toilet (kiri) dan ikan koki biasa. AFP / Alberta Environment and Parks

Metrotvnews.com, Alberta: Ikan koki monster sebesar piring makan telah ditemukan di sejumlah kolam di wilayah barat Kanada. 

Hewan peliharaan itu berkembang biak dengan cepat di alam liar dan berukuran jauh lebih besar dari koki di akuarium. 

Pemerintahan provinsi Alberta, salah satu lokasi ditemukannya koki monster, menyebut masalah ini terjadi karena banyaknya warga yang membuang ikan koki ke toilet. 

Karena khawatir mengganggu ekosistem dan hewan air lainnya, pemerintah mengeluarkan imbauan kepada warga untuk berhenti membuang koki ke lubang WC. 

Dalam suatu penemuan, petugas mengangkat 40 ikan koki yang berukuran tak biasa dari sebuah kolam. 

"Ukuran dan jumlah ikan itu cukup mengejutkan," ucap Kate Wilson, koordinator spesies air di Taman Lingkungan Alberta kepada kantor berita CBC News, seperti dikutip Mirror.co.uk, Rabu (24/6/2015)

"Temuan ini cukup mengerikan karena mereka dapat bereproduksi di alam liar dan tumbuh hingga berukuran sangat besar," sambung dia. 

"Satu per tiga spesies yang kerap menginvasi hewan air lokal berasal dari akuarium atau perdagangan ikan," tutur Wilson.

Selain ikan koki hidup, pemerintah Alberta juga melarang warga membuang ikan yang sudah mati karena dikhawatirkan membawa penyakit atau parasit.



(WIL)

Hakim Tolak Eksepsi KPK

Hakim Tolak Eksepsi KPK

44 minutes Ago

Itu berarti, proses praperadilan terhadap Novanto bakal dilanjutkan ke tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA