Kudus Siapkan Informasi Arus Mudik via Website

Antara    •    Kamis, 25 Jun 2015 15:33 WIB
ramadan 2015
Kudus Siapkan Informasi Arus Mudik via Website
Jalur mudik Sukabumi (Foto: MI/Dede Susanti)

Metrotvnews.com, Kudus: Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menyiapkan informasi arus mudik yang bisa diakses via website sehingga pemudik bisa melintas daerah ini dengan baik, kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten setempat Didik Sugiharto.

"Selama ini, informasi arus mudik memang belum tersedia via web, namun tahun ini kami mencoba memberikan kemudahan kepada pemudik yang hendak melintasi Kudus," ujarnya di Kudus, Kamis (25/6/2015).

Informasi arus mudik yang akan disajikan, kata dia, dalam bentuk tulisan yang bisa diperbarui setiap beberapa jam sekali untuk disesuaikan dengan kondisi arus lalu lintas di Kabupaten Kudus.

Ia mengatakan, informasi arus mudik tersebut akan memanfaatkan petugas di lapangan, mengingat nantinya juga ada posko mudik di beberapa titik lokasi. Website milik pemkab yang bisa diakses, yakni kuduskab.go.id dan dinhubkominfokuduskab.go.id.

Melalui website tersebut, lanjut dia, akan disediakan pula peta Kota Kudus serta informasi hotel dan bengkel. Selama arus mudik Lebaran, kata dia, semua bengkel mobil dan motor juga diimbau untuk tetap buka guna melayani pemudik yang dimungkinkan mengalami masalah dengan kendaraannya.

Terkait dengan jalur alternatif, kata dia, pemudik juga dimudahkan karena petanya bisa dilihat melalui website tersebut. Meskipun selama ini jaluar alternatif jarang dimanfaatkan, lanjut dia, Dishubkominfo Kudus akan tetap menyiapkannya lengkap dengan rambu penunjuk jalannya.

Rambu-rambu lalu lintas di dalam kota yang usianya cukup tua dan kurang jelas, juga dilakukan peremajaan agar pengguna jalan mengetahui keberadaan rambu tersebut.

Dalam mengantisipasi potensi kemacetan arus lalu lintas di Kudus, Satlantas Polres Kudus juga menyiapkan 10 personel guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan di Jalur Pantura Kudus selama arus mudik Lebaran 2015. Personel tersebut akan disediakan kendaraan roda dua yang akan bertugas memantau arus lalu lintas di jalur rawan kemacetan. Daerah yang dianggap rawan terjadi kemacetan, yakni di pertigaan Sumber yang banyak terdapat penggalan jalan, Jalan Terban dan beberapa titik rawan macet lainnya.


(MEL)