Sopir Angkutan Luar Kota Jalani Tes Kesehatan pada H-10

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 25 Jun 2015 16:35 WIB
ramadan 2015
Sopir Angkutan Luar Kota Jalani Tes Kesehatan pada H-10
Bus yang melayani angkutan antarkota, Ant

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dinas Kesehatan Yogyakarta akan memeriksa kesehatan sopir bus antarkota antarprovinsi (AKAP) pada 10 hari menjelang Lebaran (H-10). Kegiatan itu untuk mengantisipasi kecelakaan yang muncul saat mudik Lebaran.

Pemeriksaan dilakukan di empat terminal yaitu Giwangan, Jombor, Wates Kulonprogo, dan Wonosari Gunungkidul. Pemeriksaan berlangsung selama dua hari.

Kepala Bidang Pencegahan Penanggulangan Masalah Kesehatan (BP2MK) Dinas Kesehatan Yogyakarta, Daryanto Chadori mengungkapkan pemeriksaan itu bertujuan menekan angka kecelakaan lalu lintas. Sebab, salah satu faktor terjadinya kecelakaan berasal dari kesehatan sopir angkutan.

"Jika kondisi sopir ditemukan indikasi tidak sehat atau menghawatirkan, kami akan merekomendasikan agar kendaraan dikemudi sopir cadangan," kata Daryanto kepada Metrotvnews.com saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (25/6/2015).

Pemeriksaan meliputi tekanan darah serta kemungkinan mengonsumsi alkohol dan narkoba. Setelah itu, petugas memberikan rekomendasi apakah sopir dapat menyetir atau tidak.

"Faktor kebugaran sopir menjadi bagian vital bagi keselamatan pemudik," tuturnya.

Dalam pemeriksaan itu, Dinas Kesehatan Yogyakarta akan melibatkan banyak instansi pemerintah, di antaranya Dinas Perhubungan, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL) Pengendalian Penyakit, dan Polda Yogyakarta.


(RRN)