Fakta dan Mitos Tentang Tomat

   •    Kamis, 25 Jun 2015 17:15 WIB
kuliner
Fakta dan Mitos Tentang Tomat
Tomat memiliki biji yang bisa dimakan. (Foto:womenshealthoneida.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda penggemar buah tomat? Ketika membicarakan buah yang satu ini, muncul berbagai anggapan yang mungkin benar atau bisa saja salah tentang tomat.

Berikut beberapa fakta tentang buah tomat yang mengandung banyak vitamin A tersebut.

- Jangan menyimpan tomat di dalam kulkas

Umumnya, banyak orang menimpan tomat di dalam kulkas dnegan tujuan membuatnya tetap segar. Namun, ini sebenarnya kebiasaan yang salah. Jika Anda menyimpan tomat di dalam kulkas, itu hanya akan menghancurkan tekstur dan juga rasa dari tomat itu sendiri.

- Tomat akan semakin matang bahkan setelah dipetik

Ini bukanlah pernyataan yang salah. Faktanya, tomat kan terus matang beberapa hari setelah dipetik. Bahkan ada yang mengatakan bahwa rasanya juga akan semakin bertambah. Harus diingat, ini hanya berlaku bagi tomat segar dan matang, bukan tomat yang masih mentah dan pucat.

- Kulit tomat tidak bisa dipakai untuk membuat saus

Hal ini tak sepenuhnya benar. Meski akan lebih baik jika kulit tomat dihilangkan, namun itu tidak salah juga jika Anda tetap menyertakan kulitnya. hal ini hanya tergantung pada selera Anda masing-masing.

- Biji tomat terasa pahit dan harus dibuang

Ini salah. Tidak ada ilmu pengetahuan yang mendukung bahwa biji tomat yang pahit harus dibuang. Jika biji tomat memang harus dibuang, itu mungkin karena alasan tertentu, bukan karena rasanya yang pahit.

- Tomat kecil memiliki lebih rasa lebih baik

Salah. Tomat kecil tentu saja masih hambar dan yang terbaik adalah yang berukuran besar dan sudah matang. Jadi, jika Anda menganggap tomat berukuran kecil memiliki lebih banyak rasa, ini bukanlah pernyataan yang tepat karena tomat yang lebih kecil biasanya mengandung lebih sedikit air. (Ningtriasih/Bonappetit)



(LOV)