Berikut Besaran Gaji yang Dibebaskan Pajaknya

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 25 Jun 2015 17:36 WIB
pajak
Berikut Besaran Gaji yang Dibebaskan Pajaknya
Gedung Pajak (MI/ANGGA YUNIAR)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi XI DPR RI telah menerima usulan pemerintah untuk meningkatkan besaran Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dan mulai diberlakukan 1 Juli 2015. Langkah ini dilakukan guna mendorong daya beli masyarakat untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi.

"Dengan mengucapkan Alhamdulillah kami bisa menerima seluruh usulan tersebut," kata Ketua Komisi XI DPR RI Fadel Muhammad, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (25/6/2015).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyebutkan, dengan penyesuaian PTKP ada beberapa besaran golongan penghasilan yang dikenakan pada wajib pajak sesuai dengan statusnya, atau dengan kata lain akan dibebaskan pajaknya, antara lain:

Pertama, PTKP untuk masyarakat yang belum menikah yakni nominalnya Rp36 juta per tahun. Kedua, PTKP untuk masyarakat yang sudah menikah (istri/suami) namun tanpa tanggungan nominalnya Rp39 juta per tahun.

Ketiga, PTKP untuk mayarakat yang menikah (istri/suami) dengan satu anak nominalnya Rp42 juta per tahun. Keempat, PTKP untuk masyarakat yang menikah (istri/suami) dengan dua anak nominanlnya Rp45 juta per tahun. Kelima, PTKP untuk masyarakat yang menikah (sitri/suami) dengan tiga anak nominalnya Rp48 juta per tahun. 

Keenam, PTKP untuk masyarakat yang sudah menikah dan penghasilannya digabung namun tidak memiliki tanggungan nominalnya Rp72 juta per tahun. Ketujuh, PTKP untuk masyarakat yang sudah menikah dan penghasilannya digabung dengan satu anak mominalnya Rp75 juta per tahun.

Kedelapan, PTKP untuk masyarakat yang sudah menikah dan penghasilannya digabung dengan dua anak mominalnya Rp78 juta per tahun. Kesembilan, PTKP untuk masyarakat yang sudah menikah dan penghasilannya digabung dengan tiga anak mominalnya Rp81 juta per tahun.

"Jadi, memang yang punya daya beli tinggi di masyarakat adalah yang menikah, istri kerja, dan anaknya tiga," tukas Bambang seraya bercanda.


(ABD)