MERS Mewabah di Korsel , Indonesia Belum Keluarkan Travel Warning

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 25 Jun 2015 17:39 WIB
virus mers
MERS Mewabah di Korsel , Indonesia Belum Keluarkan Travel Warning
Petugas medis memeriksa suhu tubuh seorang warga di area RS Universitas Konkuk di Seoul, Korsel, Rabu (24/6/2015). AFP / JUNG YEON-JE

Metrotvnews.com, Jakarta: Meski sudah menewaskan sekitar 29 orang di Korea, Indonesia belum mengeluarkan peringatan kepada pelancong asal Indonesia baik ke Arab maupun ke Korea. Sebab, sampai sekarang WHO belum menyatakan MERS berstatus kejadian kesehatan yang belum meresahkan publik.

"Sampai tanggal 16 Juni kemarin, hasil pertemuan dengan WHO, MERS belum jadi Public Health Emergency of International Concern (PHEIC)," kata Dirjen Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan (DPPPL), M. Subuh kepada wartawan di Kantor DPPPL, Jakarta Pusat, Kamis (25/6/2015).

Karena alasan itulah Indonesia pun belum memberikan pembatasan. Meski demikian, sambung Subuh, Indonesia tetap melakukan peringatan pencegahan hanya sebagai tindakan sosialisasi. Sebab, diketahui sampai sekarang belum diketahui obat dari penyebaran virus itu.

Peringatan hal serupa juga diberikan kepada calon jemaah haji dan umroh. Dikatakan Subuh, bagi para calon jemaah Haji dan umrah akan di bekali dengan tindakan preventif khusus agar tak terjadi penularan saat kembali ke Indonesia.

"Jamaah haji sangat dianjurkan menggunakan masker dan sanitizer, memang disiapkan tapi saya rasa enggak akan cukup," imbuhnya.

Tak hanya sekadar melakukan sosialisasi, pemerintah juga akan menyediakan kartu kendali (Form Card Alert) bagi WNI yang akan pergi ke negeri Arab. Nantinya kartu itu digunakan untuk memantau kesehatan WNI sepulangnya dari Arab.

Virus ini diketahui sudah menelan 29 korban jiwa di Korea. Umumnya, virus ini menjangkit orang yang sudah berumur lanjut. Diketahui sampai kini terdapat 27 negara yang positif terjangkit virus MERS sejak September 2012 lalu.


(WIL)

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

3 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memberikan jawaban atas gugatan praperadilan Setya Nov…

BERITA LAINNYA