Hati-Hati Peredaran Uang Palsu Jelang Lebaran

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 25 Jun 2015 19:31 WIB
uang palsu
Hati-Hati Peredaran Uang Palsu Jelang Lebaran
Anggota kepolisian Polresta Bekasi Kota menunjukkan barang bukti uang palsu pecahan Rp100 ribu di Polresta Bekasi Kota, Jawa Barat, Selasa (23/6). Foto: Antara/Risky Andrianto

Metrotvnews.com, Cirebon: Tingkat penggunaan uang menjelang Idul Fitri diprediksi naik signifikan. Kondisi tersebut sering dimanfaatkan para pelaku kejahatan untuk menyebarkan uang palsu.

"Karena uangnya sedang banyak, masyarakat kurang teliti. Itu yang diincar pelaku kejahatan uang palsu," ujar Kepala Deputi Pimpinan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Aryo Setyoso, Kamis (25/6/2015).

Hingga Mei ini sudah ada sebanyak 6.013 lembar uang palsu yang dilaporkan ke Bank Indonesia Cirebon. Dengan nominal Rp100 ribu sebanyak 3.363 lembar dan pecahan Rp50 ribu sebanyak 2.323 lembar. Sedangkan persebaran uang palsu pada 2014 mencapai 7.935 lembar.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Bank Indonesia Cirebon meminta masyarakat mengimplementasikan moto 3D. "Dilihat, diraba, dan diterawang agar tidak menjadi Korban uang palsu," kata Aryo.


(UWA)

Politikus Golkar Siap Bantu KPK Tuntaskan Kasus KTP-el

Politikus Golkar Siap Bantu KPK Tuntaskan Kasus KTP-el

43 minutes Ago

Politikus Partai Golkar Ade Komaruddin siap membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusu…

BERITA LAINNYA