Pedagang tak Tahu Jual Petasan harus Pakai Izin

Iswahyudi    •    Kamis, 25 Jun 2015 20:21 WIB
penertiban
Pedagang tak Tahu Jual Petasan harus Pakai Izin
Polisi merazia ratusan petasan dan kembang api di Weleri, Metrotvnews.com/ iswahyudi

Metrotvnews.com, Kendal: Polres Kendal, Jawa Tengah, menyita ratusan kembang api dan petasan berbagai jenis dari agen Toko Maju Jaya Weleri. Sebab, toko tersebut tak memiliki izin untuk menjual petasan dan kembang api.

Budi Santoso, pedagang, mengaku tindakan polisi itu membuatnya rugi. Sebab, ia merogoh kocek cukup dalam sebagai modal menjual kembang api dan petasan. Ia juga tidak tahu bahwa menjual kembang api dan putusan harus mengantongi izin.

"Saya enggak tahu kalau jenis kembang api yang saya jual dilarang. Saya mengakui   tidak bisa menunjukkan  surat ijin sebab  saya beli dari semarang tidak di beri surat," kata Budi, Kamis (25/6/2015).

Kabag Ops Polres Kendal AKP Ariyanto Salkeri mengatakan tindakan itu untuk memberi rasa nyaman bagi warga Muslim yang menjalakan ibadah puasa. "Razia dilakukan atas perintah Kapolri. Selama bulan puasa tidak boleh ada suara petasan yang bisa mengganggu ketenangan  umat muslim saat  melakukan ibadah salat Tarawih," jelas Salkeri.

Selain Toko Maju Jaya, polisi pun menyisiri wilayah Weleri untuk mengantisipasi penjualan kembang api dan petasan tanpa izin.


(RRN)