Fahri Hamzah Sebut Pilkada Serentak Banyak Masalah

Surya Perkasa    •    Kamis, 25 Jun 2015 20:33 WIB
pilkada serentak
Fahri Hamzah Sebut Pilkada Serentak Banyak Masalah
Fahri Hamzah. Foto: Ramdani/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyebut banyak masalah yang belum ditemukan solusinya pada persiapan pilkada serentak. Salah satunya, lembaga penyelenggara yang dinilainya belum siap menggelar pilkada di 269 daerah sekaligus.

Hal ini disimpulkan dalam rapat gabungan DPR dengan Menteri Dalam Negeri, KPU, Bawaslu, Jaksa Agung, dan Polri.

"Ya, kalau dilihat pertanyaan kan banyak sekali, terutama KPU, Bawaslu dan Kepolisian. Menurut saya ini perlu dilacak lebih serius," kata Fahri, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (25/6/2015).

Salah satunya kesiapan anggaran Polri dalam pengamanan pilkada serentak yang masih kurang Rp712 miliar. Dari Rp1,07 triliun, baru Rp363 miliar yang ada.

Selain itu, DPR juga mempertanyakan kesiapan Mahkamah Konstitusi dalam menangani kasus sengketa pilkada yang diprediksi akan melimpah. MK tak pernah berhadapan dengan banyak kasus sengketa pemilu secara serentak. 
 
"Tiba-tiba menangani 269 daerah kalau ada sengketa kan kewalahan juga. Ini kita juga akan ngomong dengan MK," kata Fahri.

Fahri menuturkan pilkada serentak yang perdana digelar di Indonesia sangat rentan bermasalah. DPR, kata politikus PKS itu, akan kembali bertemu lembaga-lembaga terkait untuk melacak persoalan yang mendesak.

"Pekan depan dengan persiapan memitigasi (menanggulangi) persoalan lebih detail dan apa yang muncul sebelum pilkada, persoalan apa yang muncul saat pilkada," kata Wakil Sekjen PKS ini.


(KRI)

Politikus Golkar Siap Bantu KPK Tuntaskan Kasus KTP-el

Politikus Golkar Siap Bantu KPK Tuntaskan Kasus KTP-el

42 minutes Ago

Politikus Partai Golkar Ade Komaruddin siap membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusu…

BERITA LAINNYA