BI Tegal siapkan Rp3,5 Triliun Pecahan Uang baru

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 25 Jun 2015 21:08 WIB
ramadan 2015
BI Tegal siapkan Rp3,5 Triliun Pecahan Uang baru
Kantor Perwakilan BI Tegal saat pelayanan penukaran uang baru. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Tegal: Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal telah menyiapkan pecahan uang baru sebanyak Rp3,5 triliun untuk kebutuhan masyarakat Karesidenan Pekalongan.

“Kalaupun masih kurang, masih ada cadangan dari kantor Bank Indonesia di Semarang,” kata deputi Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Gunawan saat dikonfirmasi metrotvnews.com, di kantornya, Kamis (25/6/2015).

Gunawan menjelaskan untuk penukaran umum setiap hari pihaknya menyediakan kisaran Rp800 juta hingga Rp1 miliar. Namun, untuk yang perbankan sesuai dengan proyeksinya.

Hingga Rabu kemarin, BI sudah mengeluarkan uang pecahan baru hingga Rp7,5 miliar melalui pertukaran masyarakat. Untuk penukaran perbankan baru Rp800 miliar.

Untuk perluasan penukaran pecahan uang baru, pihak BI telah bekerja sama dengan tujuh bank yang ada di wilayahnya. Di antaranya adalah Bank Jateng, BRI, Mandiri, BCA, BNI, CIMB Niaga, dan Sinarmas.

Rencananya, ketujuh bank tersebut dipasangi spanduk pemberitahuan ihwal pelayanan penukaran uang yang berlaku bagi semua kalangan alias bukan hanya terbatas pada nasabahnya.

BI Tegal melayani penukaran uang pecahan sejak 18 Juni hingga 15 Juli nanti. Pada pekan pertama dan kedua Ramadan, penukaran uang di BI Tegal dilayani pada Senin dan Kamis pada pukul 08.30 - 11.30 WIB. Pada pekan ketiga dan keempat, warga bisa menukarkan uang pecahan di BI Tegal sejak Senin hingga Kamis dengan waktu yang sama.

 “Kebutuhan uang tunai selama Ramadan terus meningkat setiap tahun. Pada 2013, kebutuhan uang tunai di Karesidenan Pekalongan sekitar Rp1,3 triliun. Pada 2014, kebutuhannya meningkat jadi Rp1,7 triliun,” pungkasnya.


(UWA)