Indonesia-Vietnam Bahas Isu Laut China Selatan

Fajar Nugraha    •    Kamis, 25 Jun 2015 22:23 WIB
indonesia-vietnam
Indonesia-Vietnam Bahas Isu Laut China Selatan
Menlu Retno Marsudi dan Menlu Vietnam Pham Bin Nih (Foto: Fajar Nugraha/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menlu Vietnam Pham Binh Ninh, diwarnai dengan pembahasan Laut China Selatan.

Menurut Pham Bin Nih, dalam pertemuan yang berlangsung hari ini di Gedung Pancasila, dirinya melakukan diskusi positif dengan Menlu Retno Marsudi.

"Kami melakukan diskusi yang positif mengenai berbagai isu. Termasuk hubungan bilateral, memupuk dan membangun kerjasama. Terutama setelah kerjasama strategis antara kedua negara," ujar Menlu Pham Bin.

Kerja sama lain yang dibahas antara lain di berbagai bidang, komunikasi, energi, penerbangan dan lain-lain. Kedua negara juga sepakat melakukan pertukaran pejabat dari berbagai level.

"Kami juga berkomitmen untuk memperkuat kerja sama keamanan. Terutama kerja sama dalam pasukan perdamaian dan pelatihan kerja sama dalam, terutama Laut China Selatan," tutur pejabat yang saat ini juga menjaba Deputi Perdana Menteri Vietnam.

"Kami saling  menggangap pentingnya perkembangan di Laut China Selatan. Kami juga tetap membuka pintu kebebasannya. Termasuk juga kebebasan bernavigasi di Laut China Selatan," imbuhnya.

Mengenai sektor ekonomi, Pham berharap Pemerintah Indonesia bisa memberikan dukungan bagi usaha kecil Vietnam dalam berbisnis di Indonesia.
 


(FJR)