BEI Bidik Transaksi Saham Rp15 Triliun/Hari

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 25 Jun 2015 22:31 WIB
bei
BEI Bidik Transaksi Saham Rp15 Triliun/Hari
Ilustrasi bursa saham di Indonesia. FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio memiliki target transaksi harian bursa sebesar Rp15 triliun per hari. Angka itu lebih besar dari posisi rata-rata transaksi harian yang saat ini hanya Rp7 triliun per hari.‬

"Transaksi kita Rp5 triliun-Rp7 triliun per hari. Harus bisa Rp15 triliun per hari, kita capai dalam tiga sampai lima tahun mendatang," ucap Tito, ketika ditemui usai RUPST BEI di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (25/6/2015).

Dalam menggapai raihan itu, dia mengharapkan dapat dukungan pemerintah, khususnya menggairahkan pasar melalui privatisasi perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).‬

Selain itu, pemerintah juga harus memberikan langkah khusus dalam melindungi perdagangan saham dalam negeri.‬ "Tergantung kalau pemerintah bantu kita support dan angkat pasar modal sebagai protokol krisis kita bisa lebih cepat. Bantu dong protect kita dari Singapura," tegasnya.

Oleh karena itu, pihaknya harus mendorong empat stakeholder penting yang perlu dalam mengembangkan pasar modal Indonesia, seperti, investor sebagai pemodal. Kedua, emiten baik emiten besar maupun emiten kecil.‬ Ketiga dari pihak sekuritas.

"Kinerja bursa harus didorong lebih baik dan memperbaiki kinerja sekuritas. Maka dari itu sekuritas harus diuntungkan, dari posisi sekuritas yang ada saat ini sebanyak 115 perusahaan. Bursa kita juga sehat, gabungan ini untuk menaikkan trading value kita," pungkas Tito.


(AHL)