Kabareskrim Sebut Ada 9 Kasus Korupsi Besar yang Bakal Diungkap Polri

Githa Farahdina    •    Jumat, 26 Jun 2015 07:07 WIB
kasus korupsi
Kabareskrim Sebut Ada 9 Kasus Korupsi Besar yang Bakal Diungkap Polri
Kabareskrim Polri Komjen Pol Budi Waseso--Metrotvnews.com/Lukman Diah Sari

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa mantan petinggi negara belakangan terseret kasus mega korupsi yang diusut Kepolisian Republik Indonesia. Satu di antaranya Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam kasus cetak sawah dan PLN.

Namun, Kabareskrim Komjen Budi Waseso menyebut kasus itu belum seberapa. Masih banyak kasus mega korupsi yang akan diungkap Polri. Kasus Dahlan hanyalah satu dari tiga kasus besar yang dulu dijanjikan.

Namun, dalam perkembangannya, Polri justru menemukan banyak kasus besar. "Kalau saya boleh informasikan, ada 9 kasus tipikor yang nilainya triliunan. 23 nilainya ratusan miliar dan 35 nilainya puluhan miliar," kata Budi di Bareskrim, Jakarta Selatan, Kamis (25/6/2015).

Ia menyebut, polri akan menangi kasus dengan kerugian negara bernilai triliunan rupiah. Itu menjadi prioritas pria yang akrab disapa Buwas dan tim penyidik di bawah pimpinannya.

"Nilainya triliunan semua. Kan kita nangani triliunan," tegas Buwas.

Namun, ketika ditanya apakah kasus Century menjadi salah satu kasus yang akan diungkap, Buwas belum mau buru-buru menyimpulkan.

"Jangan dulu. Kan saya belum buka. Nanti dilihat, Kalau sudah disidik, baru kelihatan. Kalau sudah penyidikan, berarti bahan bukti sudah sangat cukup," jelasnya.


(REN)