Kemenperin Bantu Mesin Peralatan IKM Kapal Rakyat

Antara    •    Jumat, 26 Jun 2015 10:49 WIB
kapal
Kemenperin Bantu Mesin Peralatan IKM Kapal Rakyat
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

Metrotvnews.com, Manado: Kepala Bidang Fasilitas Pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Alwy Pontoh mengatakan, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membantu mesin dan peralatan industri kecil menengah (IKM) khusus kapal rakyat di Kabupaten Kepulauan Talaud.

"Tahun ini, kami akan memberikan bantuan mesin dan peralatan bagi IKM kapal rakyat dengan terlebih dahulu memberikan pelatihan," kata Alwy, di Manado, Jumat (26/6/2015).

Selain sektor pertanian dan hasil laut, Alwy mengakui pula, IKM di Kabupaten Kepulauan Talaud juga akan dioptimalkan pengembangan kapal rakyat yang akan difasilitasi oleh kementerian.

Alwy mengatakan, tahun lalu Disperindag telah melakukan pelatihan dan tahun ini akan semakin dioptimalkan karena IKM kapal rakyat selain mampu memenuhi kebutuhan nelayan lokal juga banyak permintaan dari negara tetangga yakni Filipina.

"Kapal rakyat tersebut digunakan untuk penangkapan ikan bagi nelayan-nelayan kecil di wilayah perbatasan itu," ungkap Alwy.

Karenanya, lanjut Alwi, pemerintah mengembangkan galangan kapal rakyat di Kepulauan Talaud yang berbatasan dengan Filipina. Hal ini karena potensi yang cukup besar. Menurutnya, pengrajin kapal rakyat di Talaud perlu didorong agar bisa berkembang menjadi industri galangan kapal.

"Untuk itu harus dilakukan pembinaan agar pembuatannya semakin baik dan berkualitas, sehingga bisa diterima oleh pasar yang lebih luas," pungkasnya.


(ABD)

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

3 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memberikan jawaban atas gugatan praperadilan Setya Nov…

BERITA LAINNYA