Wakil Ketua DPR Dukung Usulan Peningkatan Dana Partai Politik

Al Abrar    •    Jumat, 26 Jun 2015 12:56 WIB
partai politik
Wakil Ketua DPR Dukung Usulan Peningkatan Dana Partai Politik
Agus Hermanto. Foto: Susanto/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menyambut baik usulan pemerintah terkait peningkatan dana partai politik. Menurut Agus, inisiatif menaikan anggaran parpol merupakan ide bagus. 

"Ini ide yang bagus. Bergulir wacana ini tentunya jadi payung hukum kuat, pembicaraan  fokus pada pilar demokrasi. Berkehidupan bernegara yang berdemokrasi," kata Agus di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (26/6/2015).

Politikus Partai Demokrat ini menilai parpol sangat memerlukan tambahan dana. Peningkatan dana yang didistribusikan negara kepada partai, kata dia, akan digunakan untuk menyiapkan kader-kader terbaik.

"Yang kita rasa parpol kan juga perlu pembinaan. Sekarang juga sudah ada, tapi masih kecil. Kita maunya parpol fokus politik," tambahnya.

Seperti diberitakan, Kementerian Dalam Negeri mengajukan penambahan dana parpol sebesar 20 kali lipat untuk tahun ke depan. Penambahan tersebut bisa terlaksana asalkan pembangunan infrastruktur sudah memiliki anggaran yang memadai.

"Sepanjang untuk infrastruktur, kesehatan dan pendidikan sudah mencukupi, ada sisa anggaran yang memungkinkan untuk tambahan bantuan parpol," ungkap Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Draf usulan peningkatan dana bantuan partai politik sudah diserahkan Mendagri Tjahjo Kumolo pada Presiden Joko Widodo, Kamis 25 Juni kemarin. 


(KRI)