Sopir Truk Anggap Tarif Tol Cipali Kemahalan

Abdul Jalil Hermawan    •    Jumat, 26 Jun 2015 14:13 WIB
tol
Sopir Truk Anggap Tarif Tol Cipali Kemahalan

Metrotvnews.com, Cirebon: Mulai hari ini, Jumat 26 Juni, pengendara harus membayar untuk menggunakan jalur tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Tarif paling murah yaitu Rp96 ribu sedangkan tarif tertinggi Rpp288.500.

Tarif resmi itu menuai komentar negatif. Edi, seorang pengemudi truk, mengaku ia harus membayar Rp144 ribu. Sebab, truknya masuk dalam kategori II.

"Kalau bagi sopir (tarif) itu kemahalan, Pak. Uang itu buat makan saja. Besok-besok lewat bawah sajalah (jalur non-tol)," kata Edi kepada Metrotv.

Masalah lain yang muncul adalah proses transaksi pembayaran tarif yang memakan waktu rata-rata 20 hingga 40 detik. Diprediksi, jalur yang menghubungkan Cikampek-Purwakarta-Cirebon-Brebes itu ramai dilintasi pemudik. Dengan proses lama transaksi sekitar 20 detik, diperkirakan antrean kendaraan terjadi di sejumlah gerbang tol.


(Pengendara mobil melakukan transaksi sebelum memasuki tol Cipali, Metrotvnews.com/ Abdul Jalil Hermawan)

Tol Cipali diresmikan Presiden Joko Widodo pada 14 Juni 2015. Sebagai tahap awal, pemerintah membebaskan biaya pengguna jalur tol alias gratis. Namun pada 26 Juni, pengguna tol wajib membayar tarif untuk melintasi jalur tol tersebut.
 


(RRN)