Pasar Motor Nasional

Jelang Lebaran, Tren Penjualan Motor Baru Meningkat

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 26 Jun 2015 14:21 WIB
industri otomotif
Jelang Lebaran, Tren Penjualan Motor Baru Meningkat
Pasar motor nasional di momen Ramadhan dan jelang Idul Fitri meningkat 20 persen. MTVN/Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Menyambut bulan suci Ramadhan beberapa waktu lalu dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, tren penjualan sepeda motor baru meningkat hingga 20 persen. Fakta ini diungkapkan Eddy Firnanda selaku Shop Manager Dealer Jaya Motor di bilangan Kalimalang, Bekasi Barat.

Ia menegaskan bahwa fakta peningkatan penjualan motor baru saat ini memang tidak terlepas dari momentum Ramadhan dan jelang libur lebaran Idul Fitri.

"Penjualan meningkat hingga 20 persen untuk momen lebaran ini, dari rata-rata total penjualan yang mencapai 200 unit perbulannya," kata Eddy Firnanda.

Eddy juga menambahkan, peningkatan penjualan lebih banyak untuk jenis motor Low Price Matic (LPM) seperti Mio M3 dan Mio Soul GT. Untuk jenis ini bisa menyumbang sekitar 40 persen dari total penjualan dibandingkan model lainnya.

Dalam menyambut Ramadhan banyak showroom motor baru memberikan kemudahan untuk kepemilikan. Biasanya dari pemberian diskon khusus, cashback, hadiah menarik, hingga gratis jasa perawatan untuk beberapa waktu kedepan. Paling fantastis yaitu pemberian uang muka Rp500 ribu, motor baru sudah di tangan.

Biasanya penawaran seperti ini memang diberikan dalam rangka promo ramadhan dan jelang lebaran. Jadi kalau mau beli motor, sekarang saatnya. Apalagi kalau berpikir untuk digunakan mudik, lantaran pengurusan STNK paling cepat 10 hari.

Bagi yang ingin langsung menggunakan plat nomor kendaraan berwarna hitam, untuk estimasi sekitar 10 hari kerja.


(UDA)