Miliki Unit Khusus Awasi Anak Usaha, OJK: Astra Telah Penuhi Aturan

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 26 Jun 2015 14:29 WIB
ojk
Miliki Unit Khusus Awasi Anak Usaha, OJK: Astra Telah Penuhi Aturan
Kepala Eksekutif Pengawas Industri Perbankan OJK Nelson Tampubolon (FOTO ANTARA/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan bahwa PT Astra International Tbk (Astra) telah memenuhi semua aturan yang diberlakukan oleh wasit di industri jasa keuangan. Salah satu langkah yang cukup baik adalah Astra telah membentuk unit khusus untuk mengawasi kinerja anak usahanya.

Sekadar diketahui, Astra merupakan salah satu dari 50 konglomerasi keuangan yang diawasi OJK. Yang dimaksudkan konglomerasi keuangan sendiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak di industri jasa keuangan dan memiliki anak usaha yang bergerak di industri yang sama.

Berdasarkan Peraturan OJK No 17/POJK.03/2014 tanggal 19 November 2014, entitas utama wajib menyampaikan laporan mengenai lembaga jasa keuangan (LJK) yang menjadi entitas utama dan LJK yang menjadi anggota konglomerasi Keuangan.

"Hasil laporan dari Astra sangat positif. Mereka menjalankan setiap langkah sesuai aturan OJK," ungkap Kepala Eksekutif Pengawas Industri Perbankan OJK Nelson Tampubolon, dalam sebuah konferensi pers, di Kompleks Perkantoran Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (26/6/2015).

Dalam menjalankan aturan mengenai konglomerasi keuangan, Astra memang telah membentuk membentuk unit khusus yang bertanggungjawab mengawasi kinjera anak perusahaan. Tak hanya itu, Astra juga berkomitmen menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi.

"Mereka berkomitmen mengidentifikasi permasalahan yang ditemukan oleh pengawas dan segera diperbaiki," ujar Nelson, seraya mengungkapkan bahwa Astra juga berkomitmen untuk membantu menambah modal pada sister company yang memang membutuhkan.


(ABD)