Mendagri akan Panggil Pemda yang Belum Selesaikan APBD

   •    Sabtu, 23 Mar 2013 16:32 WIB
Mendagri akan Panggil Pemda yang Belum Selesaikan APBD
MI/Susanto/fz

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyayangkan keterlambatan 17 pemerintah daerah (Pemda) menyelesaikan pembahasan APBD 2013.

Ia berencana memanggil ke-17 pucuk pimpinan Pemda untuk menginventarisir persoalan sehingga menjadi pelajaran untuk pembahasan APBD di 2014.

Diketahui, sampai batas waktu 20 Maret 2013 kemarin, masih ada 17 Pemda yang belum menyelesaikan APBD. Dengan demikian, 17 Pemda tersebut akan mendapatkan sanksi berupa penangguhan transfer Dana Alokasi Umum (DAU) perbulan sebesar 25%.

Jika diakumulasi, total DAU yang ditunda transfernya mencapai Rp 185,7 miliar atau rata-rata Rp 10,92 miliar per Pemda per bulan. Besaran DAU yang ditunda berbeda-beda sesuai dengan DAU yang sudah diatur sebelumnya.

"Akhir bulan ini kalau tidak selesai juga akan saya panggil 17 itu biar jadi masukan dan pembelajaran untuk tahun depan, ada faktor-faktor apa saja, apa masalahnya," tutur Gamawan pada wartawan ditemui di Kantor Wakil Presiden, Sabtu (23/3)
 
Identifikasi awal Kemendagri, kata Gamawan, permasalahan di Pemda ialah terkait pembahasan di DPRD yang tidak harmonis. Ini kemudian membuat pengesahan APBD berlarut-larut.

"Kenapa terlambat? Ada beberapa kemungkinan terlambat, ada belum sepakat dengan DPRD, ada permintaan DPRD yang belum dipenuhi oleh kepala daerah. Ini ada deal-deal politik juga. Jadi kasusnya macam-macam," ujarnya. (Ghe)