Dokumen Telat, Jamkesda Gagal Bayarkan Tagihan Rumah Sakit

- 23 Maret 2013 20:37 wib
MI/Angga Yuniar/fz
MI/Angga Yuniar/fz

Metrotvnews.com, Jakarta: Sistem Kartu Jakarta Sehat (KJS) terus dibenahi Pemprov DKI Jakarta. Salah satunya adalah sistem dokumentasi pembayaran klaim rumah sakit.

Kepala Unit Pelaksana Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) DKI Jakarta Yudhita menilai selama ini pihak rumah sakit sering tidak cermat dalam melengkapi dokumentasi klaim pembayaran KJS. Menurut Yuditha ketidakcermatan dokumentasi tersebut memperlambat pembayaran hutang tagihan dari penggunaan KJS.

"Apa yang akan kami bayar, sedangkan kelengkapan kelengkapan berkasnya saja tidak disertakan. Pemprov DKI tidak bisa membayar, jika bukti-buktinya belum diserahkan," tegas Yudhita, Sabtu (23/3).

Yuditha mencontohkan pada November 2012, hanya 89 dari 92 rumah sakit yang bekerjasama dengan Pemprov DKI telah menyerahkan dokumen lengkap. Sedangkan pada Desember 2012 menurun menjadi 55 rumah sakit.

Jumlah rumah skait yang mampu melengkapi dokumentasi pasien secara baik tersebut, lanjut Yudhita, terus menurun memasuki tahun 2013. Januari 2013 terdapat 8 rumah sakit dan 1 rumah sakit pada Februari 2013.

"Sementara baru kita proses yang November dan Desember karena baru lengkap. Sedangkan rumah sakit yang sekarang bekerja sama ada 92 rumah sakit," tandasnya.

Yudhita menilai ketidakcermatan dokumentasi tersebut berpangkal dari SDM yang ada di rumah sakit.

"Masalahnya ada di SDM rumah sakit itu sendiri. Harusnya begitu pasien masuk sampai keluar dokumen mengikuti, ini mereka harus ke poli-poli mengumpulkan. Kalau dikembalikan, dilengkapinya bisa satu bulan," kata Yuditha.

Yudita mengatakan pihaknya telah menginstruksikan agar pihak rumah sakit segera mengirimkan klaim dengan kelengkapan dokumen. Jamkesda menargetkan permasalahan klaim pembayaran JKS selesai sebelum pelaksanaan kerja sama dengan PT Askes pada 1 April mendatang.

"Dari Rp355 miliar itu, sudah kami bayar Rp189 miliar. Sisanya karena rumah sakit yang belum memberikan kajiannya kepada kami," ujar Yuditha. (Vini Mariyane Rosya)

()

Hamzah Haz--MI/Susanto

Hamzah Haz Hadiri Mukernas PPP

23 April 2014 15:47 wib

MANTAN Ketua Umum Partai Presatuan Pembangunan Hamzah Haz menghadiri Musyawarah Kerja Nasional PPP Ke-III,…