TMAS Bidik Pendapatan Rp1,75 Triliun

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 26 Jun 2015 16:59 WIB
emiten
TMAS Bidik Pendapatan Rp1,75 Triliun
foto: Antara/dok.

Metrotvnews.com, Jakarta: Emiten pelayaran PT Pelayaran Tempuran Emas Tbk (TMAS) menargetkan pendapatan sebesar Rp1,75 triliun di 2015 atau mengalami kenaikan sebesar 4,2 persen dari posisi pendapatan Rp1,69 triliun di 2014.

Direktur Keuangan Pelayaran Tempuran Emas Ganny Zheng mengatakan kenaikan pendapatan akan menaikkan perolehan laba perseroan yang ditargetkan tumbuh 98,56 persen pada tahun ini.

"Kami targetkan naik menjadi Rp290 miliar, dari posisi laba bersih sebesar Rp202,70 miliar di tahun sebelumnya," ujarnya ketika ditemui usai RUPST perseroan di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (26/6/2015).

Demi meraih target pendapatan pada tahun ini, menurut Ganny, perseroan berencana mengalokasikan dana belanja modal atau capital expendicture (capex) sebesar Rp685 miliar. Alokasi dana tersebut dilakukan guna membeli dua unit kapal baru termasuk menggenjot laju bisnis di sepanjang tahun ini.

"Sebesar Rp670 miliar di tahun ini, ditambah Rp15 miliar sisa capex pada tahun lalu, sehingga jumlahnya mencapai Rp685 miliar. Tapi, semua dana capex kita konversi ke USD, totalnya USD50 juta," ujar Ganny.

Dana sebanyak USD6 juta-USD7 juta akan dialokasikan untuk dana penunjang operasional perseroan. Sedangkan sisanya USD43 juta akan dianggarkan untuk membeli dua unit kapal baru dengan kapasitas masing-masing 360 TEUs per hari.

Ganny menjelaskan anggaran belanja modal tersebut didapatkan dari kas internal dan pinjaman perbankan. Untuk porsinya sendiri, pinjaman perbankan mencapai 80 persen dan sisanya sebanyak 20 persen diperoleh dari kas internal perseroan.

Nantinya, dengan adanya tambahan dua kapal, di tahun ini juga perseroan berencana menambah dua rute baru yaitu Jakarta-Dumai dan Surabaya-Palu. Langkah itu dilakukan demi meraih kinerja bisnis yang lebih baik di tahun ini jika dibanding raihan tahun sebelumnya.

Sebagai informasi, perseroan sudah meraup laba bersih Rp60,08 miliar di kuartal I-2015. Dengan raihan pendapatan pokok sebesar Rp401,33 miliar. Pendapatan yang memberikan kontribusi terbesar berasal dari jasa pelayaran dan jasa bongkar muat.


(SAW)