PKB Sepakat Dana Parpol Naik Asal Dikaji Dulu

Al Abrar    •    Jumat, 26 Jun 2015 19:41 WIB
partai politik
PKB Sepakat Dana Parpol Naik Asal Dikaji Dulu
Sekretaris Jenderal PKB Abdul Kadir Kardin -- MI/M Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Dalam Negeri telah menyerahkan usulan peningkatan dana bantuan partai politik kepada Presiden Joko Widodo. Draf tersebut diserahkan kemarin, Kamis 25 Juni.

Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding mengaku setuju ada tambahan dana parpol.

"Prinsip soal kenaikan, PKB setuju. Karena memang dalam menjalankan roda organisasi kami merasakan akan sangat membantu kalau ada anggaran tambahan untuk beberapa kegiatan," kata Karding melalui pesan singkatnya, Jumat (26/6/2015).

Menurut Karding, dengan adanya tambahan dana untuk parpol, akan memberikan dampak sehatnya partai. Karena dana tersebut dapat digunakan untuk kaderisasi, penataan struktur, administrasi dan operasional rutin organisasi.

"Dana atau anggaran parpol akan memberi dampak bagi sehatnya organisasi, yang akan berdampak langsung bagi kehidupan demokrasi kita," kata anggota Komisi III DPR ini.

Meski setuju, Karding menilai besaran naiknya dana partai politik ini  perlu dikaji terlebih dahulu. Karena jika dinaikkan sembarangan, tentu akan membuat masyarakat kecewa karena kondisi ekonomi Indonesia yang sedang menurun. "Besarnya (kenaikan) tentu masih perlu dikaji," tukasnya.

Seperti diketahui, Mendagri mengajukan penambahan dana parpol sebesar 20 kali lipat untuk tahun ke depannya. Hanya saja penambahan tersebut bisa terlaksana asalkan pembangunan infrastruktur sudah memiliki anggaran yang memadai.

"Sepanjang untuk infrastruktur, kesehatan dan pendidikan sudah mencukupi, ada sisa anggaran yang memungkinkan untuk tambahan bantuan parpol," ungkap Tjahjo.


(SUR)