Dibekukan, BAZ Surabaya Bantah tak Amanah

Amaluddin    •    Jumat, 26 Jun 2015 20:00 WIB
penyelewengan zakat
Dibekukan, BAZ Surabaya Bantah tak Amanah
Ilustrasi zakat, baznas.go.id

Metrotvnews.com, Surabaya: Pengurus harian BAZ Surabaya, Lely membenarkan jika dalam tiga tahun terakhir ini BAZ dibekukan. Lembaga yang ada di bawah naungan Pemkot yang beranggotakan 10 orang pegawai ini praktis tidak bisa melakukan tugas dan wewenang lantaran sudah tiga tahun ini tidak ada izin dari Wali Kota.
 
"Kami sudah mengajukan kepengurusan baru. Saat ini berkasnya sudah ada di bagian hukum. Namun selama tiga tahun belum ditandatangani oleh Wali Kota," tuturnya, dikomfirmasi di Surabaya, Jum'at (26/6/2015).
 
Akibat pembekuan ini, kata Lely, praktis penyaluran bantuan rutin setiap tiga kali dalam setahun, tidak bisa dilakukan. Tiga kali itu, diberikan dalam momen Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS), saat Ramadhan, dan saat hari kemerdekaan Indonesia. Lely mengaku, sekarang banyak proposal pengajuan dana ke BAZ  yang menumpuk.

"Tapi tidak dapat ditindaklanjuti karena kita tak dapat izin," katanya.
 
Pihak BAZ membantah, jika selama ini dituding tidak amanah dalam menyalurkan dana. Lely mengaku, semua distribusi disertai dengan laporan yang rinci dan selalu diserahkan ke pemkot sebagai pertanggungjawaban.
 
"BAZ menerima dana infaq dari pegawai pemkot rata-rata Rp 20 -30 juta setiap bulannya," katanya.
 
Dana itu, kata Lely, diperolah dari dana infaq sukarela setiap PNS. Dengan rincian untuk PNS golongan 1 infaq perbulan Rp 5000. Golongan 2 sebesar Rp 10 ribu, golongan 3 sebesar Rp 15 ribu, dan golongan 4 sebesar Rp 20 ribu.
 
"Penyaluran di tiga waktu dalam setahun. Setiap warga miskin diberikan Rp 300 ribu, jumlahnya kita sesuaikan dengan dana yang ada di BAZ saat itu," katanya.
 
Lely menegaskan, bahwa lembaga zakat ini tidak sering mengajukan studi banding. Dia mengakui jika memang pernah studi banding ke Yogyakarta sekali.  Perihal tudingan adanya penyelewengan dana, pihaknya membantah dengan membuktikan ke pihak inspektorat.

"Inspektorat sudah memeriksa dan tidak ada indikasi itu," pungkasnya.

 
(RRN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA