Jelang Lebaran, Kapasitas Penumpang Kapal Pelni Naik 2%

Gervin Nathaniel Purba    •    Jumat, 26 Jun 2015 21:59 WIB
ramadan 2015
Jelang Lebaran, Kapasitas Penumpang Kapal Pelni Naik 2%
Pemudik yang menggunakan moda transportasi kapal. ANTARA FOTO/Izaac Mulyawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Penumpang kapal Pelni diperkirakan mencapai 779.194 orang atau naik dua persen  dari tahun lalu sebesar 763.916 orang untuk mudik tahun ini.

Direktur Utama (Dirut) PT Pelni lfien Goentoro menuturkan perseroan telah meningkatkan fasilitas layanan penumpang yang dapat dinikmati secara gratis untuk persiapan mudik tahun ini.

"Sejumlah kapal telah dilengkapi dengan adanya minimarket, sinyal GSM, wifi, mini gym, jogging track, dan pelayanan klinik. Toilet pun sudah diperbaharui," ungkap Elfien Goentoro, Jumat (26/6/2015).

Tujuan peningkatan fasilitas tersebut untuk meningkatkan rasa aman dan kenyamanan penumpang. Lalu menu makan pagi, siang, dan malam di seluruh kapal Pelni disajikan dalam kemasan Bento.

"Akan disajikan dalam kemasan Bento yang terdiri atas variasi lauk pauk dan sayur mayur. Lalu dilengkapi dengan produk suplemen tambahan berupa susu, biskuit, dan jus kemasan," ungkap Elfien.

Saat ini PT Pelni telah menjual tiket kapal sejak dua Juni hingga satu September 2015. Sejumlah rute kapal mengalami deviasi, rerouting, hingga penambahan frekuensi untuk mengantisipasi peningkatan jumlah mudik.

Sejak 2010 hingga sekarang volume penumpang kapal Pelni selalu mengalami peningkatan. Meskipun sempat mengalami penurunan di tahun 2013 sebesar 708.272 orang.

 


(SAW)