ISIS Bom Mesjid di Kuwait, 25 Tewas

Surya Perkasa    •    Sabtu, 27 Jun 2015 00:09 WIB
isis
ISIS Bom Mesjid di Kuwait, 25 Tewas
Jemaah Mesjid Imam Sadiq, Kuwait, berhamburan dari dalam aula setelah serangan terjadi--BBC.com

Metrotvnews.com, Kuwait: Sebuah bom bunuh diri meledak di mesjid Syiah, Kuwait. Bom yang meledak saat ibadah salat Jumat itu setidaknya menewaskan 25 orang dan melukai 202 orang.

Menteri Dalam Negeri Kuwait mengatakan bom yang tersebut meledak di Mesjid Imam Sadiq, timur kota Kuwait. Kelompok yang terkait dengan ISIS menjadi dalang serangan di mesjid tersebu.

Sebelumnya, beberapa serangan bom juga terjadi di Arab Saudi dan Yaman. Namun bom bunuh diri ini menjadi serangan pertama yang menyasar mesjid syiah.

Saat serangan terjadi, setidaknya ada 2.000 jemaah yang sedang melakukan salat Jumat.

"Sangat jelas pelaku bom bunuh diri masih muda. Dia masuk ke dalam mesjid ketika jemaah sedang sujud. Usianya sekitar 20 tahun. Saya melihatnya dengan mata kepala sendiri," kata salah satu saksi mata, Khalil al-Salih kepada Reuters, Jumat (26/6/2015).

Tim medis yang melakukan evakuasi menyebutkan korban kebanyakan adalah laki-laki dan anak-anak yang sedang melaksanakan salat.

Setidaknya sudah ada 3 serangan beruntun yang terjadi di beberapa negara dalam bulan Ramadan ini. Mulai dari serangan di pabrik Prancis, penembakan di pantai Tunisia dan serangan bom di ibukota Kuwait.

Serangan ini terjadi setelah juru bicara ISIS mendorong seluruh pengikutnya untuk meningkatkan serangan selama Ramadan. (BBC)


(SUR)