Yunani Tolak Skema Proposal dari Kreditur

Antara    •    Sabtu, 27 Jun 2015 10:30 WIB
ekonomi yunani
Yunani Tolak Skema Proposal dari Kreditur
Ilustrasi Yunani -- Reuters/Alkis Konstantinidis

Metrotvnews.com, Athena: Athena pada Jumat menolak proposal terbaru krediturnya untuk perpanjangan dana talangan (bailout) 12 miliar euro (USD13,4 miliar) selama lima bulan, dengan alasan reformasi yang diminta bersama itu akan menjadikan resesi lebih berkepanjangan dan pendanaan tidak memadai.

"Usulan para kreditur kepada Pemerintah Yunani akan membutuhkan perkenalan reformasi dalam resesi yang mendalam sebagai syarat untuk pendanaan, yang benar-benar tidak memadai selama periode lima bulan," dalam sebuah pernyataan menanggapi penawaran dana tunai penyelamatan.

Kreditur internasional Yunani, yang terdiri dari Komisi Eropa, Bank Sentral Eropa, dan Dana Moneter Internasional, telah menawarkan Athena perpanjangan program dana talangan, tetapi dengan catatan negara itu harus menutup kesepakatan akhir pekan ini untuk menghindari gagal bayar kepada IMF awal pekan depan.

Mereka akan mengucurkan bantuan keuangan tahap pertama sebesar 1,8 miliar euro untuk membantu Athena memenuhi pembayaran pinjaman kepada IMF sebesar 1,5 miliar euro yang jatuh tempo pada Selasa 30 Juni 2015. Namun hal itu bisa terjadi jika parlemen Yunani mendukung kesepakatan reformasi.

Selanjutnya sisa dana akan dibayar sesuai dengan pelaksanaan langkah-langkah reformasi tertentu.

"Jelas bahwa proposal lembaga-lembaga, sekalipun jika kita tidak memperhitungkan tindakan resesi dan kerusakan sosial, akan meninggalkan kesenjangan dana yang signifikan untuk periode perpanjangan lima bulan," demikian pernyataan dari Yunani.

Pernyataan bernada kuat datang setelah Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipiras yang berhaluan kiri radikal menolak setiap tawaran ambil atau tinggalkan dari mitra Uni Eropa, dan berjanji untuk tetap setia pada prinsip-prinsip anti penghematannya meskipun jurang keuangan hanya beberapa hari lagi.


(ABD)