Trik Aman Makan Bersih dan Sehat

   •    Sabtu, 27 Jun 2015 10:55 WIB
kesehatanmakanan sehat
Trik Aman Makan Bersih dan Sehat
Makanan sehat baik untuk tubuh. (Foto:hearnkirkwood.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Di zaman yang serba instan, banyak orang kurang memperhatikan kebersihan makanan yang masuk ke dalam mulut mereka. Dengan alasan tak mau repot, mereka lebih senang menyantap makanan cepat saji atau jajan di pinggir jalan yang kesehatan dan kebersihannya tidak bisa dipastikan.

Jika Anda memiliki kebiasaan makan makanan olahan yang belum terjamin kebersihan serta keamanannya, cobalah untuk beralih pada makanan yang benar-benar aman dan sehat. Bagaimana caranya agar bisa makan sehat dan bersih?

1. Persiapkan

Mencoba apapun dimana Anda merasa lapar untuk mengambil sesuatu dengan cepat hanya akan memudahkan Anda mengekang rasa sakit, namun ini bisa menjadi keputusan yang buruk. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan diri dan memahami kondisi perut Anda. Dengan begitu Anda tak salah langkah dalam menyantap makanan.

2. Berpetualang

Makan makanan yang sama setiap hari tentu saja membosankan, tak peduli seberapa bersih dan sehat makanan itu. Menjaga hal-hal yang bervariasi dan menarik juga bisa membuat Anda menerapkan makan bersih. Mengapa Anda tidak menambahkan bahan-bahan yang menarik pada salad Anda? Anda juga bisa memasukkan makanan tinggi serat dan vitamin B, selain rasanya yang baik, ini juga akan menambahkan elemen ekstra untuk makanan Anda.

3. Perlakukan diri

Menjadi sehat dengan makan makanan bersih bukan berarti Anda harus mengatakan "tidak" untuk makan siang bersama teman-teman atau menghindari makan siang di kantor. Hanya saja, Anda perlu menyadari dan memutuskan lebih dulu apa yang ingin Anda makan, sehingga Anda tak perlu mencicipi hidangan lain pada menu yang telah tersedia. Selain bersih, ini juga akan memotivasi Anda untuk tak menjalankan diet yang membosankan.

4. Berpengetahuan

Memahami apa yang Anda makan dan bagaimana efeknya untuk kesehatan tentu sangat penting. Makan makanan olahan cenderung tidak sehat. Itu sebabnya Anda perlu memahami tentang pentingnya mengonsumsi makanan dengan bahan-bahan bersih. Pengetahuan yang sebenarnya adalah ketika Anda benar-benar menerapkan program makan bersih.

5. Cari alternatif

Makan bersih bukan berarti Anda harus pilih-pilih makanan, tapi artinya, Anda perlu cerdas dengan apa yang ingin Anda makan. Jika Anda menyukai keripik sebagai cemilan Anda, alangkah baiknya jika Anda menggantinya dengan kacang. Ada begitu banyak pilihan menu bersih, Anda tidak akan pernah merasa bosan dengan makanan Anda. (Ningtriasih/Femalefirst)


(LOV)