Pentingnya Kesadaran Diri Dalam Menjalani Hidup

   •    Sabtu, 27 Jun 2015 11:26 WIB
Pentingnya Kesadaran Diri Dalam Menjalani Hidup
Sadar menjalani hidup demi kebahagiaan. (Foto:aboeback.org)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjadi sadar akan hal apa pun yang terjadi dalam hidup tentu sangat penting demi mencapai kebahagiaan. Untuk menciptakan kesadaran itu, umumnya seseorang melakukan terapi seperti meditasi.

Namun, ada cara non-meditasi yang bisa Anda lakukan untuk menjadi lebih menyadari arti hidup sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan dalam hidup Anda. Berikut beberapa caranya.

- Hidup di saat ini
Jika Anda ingin menjadi lebih sadar, Anda harus hidup di saat ini. Artinya, Anda perlu menikmati di mana Anda berada tanpa menghubungkannya pada hal apa pun di masa lalu atau masa depan. Anda bisa melakukan sesuatu yang sederhana seperti benar-benar berhenti dan mendengarkan burung bernyanyi, atau tertawa terbahak-bahak pada lelucon yang lucu. Ini berarti Anda melihat keajaiban dalam hidup Anda saat ini.

- Hindari multitasking
Melakukan dua hal atau lebih secara bersamaan mungkin cukup efisien. Tapi, multitasking sebenarnya hanya akan membuat Anda tidak fokus karena terbagi-bagi. Bahkan, multitasking, menurut sebuah penelitian, dibutuhkan 50 persen lebih lama untuk menyelesaikan tugas dan dua kali lebih mungkin untuk membuat kesalahan. Sebaliknya, unitasking atau mengambil satu tugas pada satu waktu, memungkinkan Anda lebih berkonsentrasi. Namun, disarankan untuk beristirahat dan membersihkan kepala Anda dari tugas berikutnya.

- Sadar terhadap makanan yang Anda makan
Kebanyakan orang terlalu terburu-buru untuk makan tanpa mencicipinya lebih dulu. Akibatnya, mereka tidak tahu apakah makanan yang mereka makan aman atau tidak bagi kesehatan. Untuk itu, belajar untuk makan jenis makanan yang menyehatkan tubuh Anda. 

- Sadar tentang bagaimana Anda bernapas
Suara napas Anda mungkin terdengar sederhana dan Anda tidak pernah memperhatikan itu. Namun, Anda harus tahu bahwa napas Anda bisa menjadi barometer untuk kesehatan Anda. Jadi, jangan hanya memahami bagaimana pernapasan memberitahu Anda, tapi menjadi lebih sadar bagaimana Anda melakukannya. Menenangkan napas juga bisa membantu menenangkan pikiran dan menghilangkan stres.

- Biarkan diri Anda merasakan apa yang Anda rasakan
Semua perasaan itu nyata dan Anda harus mengakui itu. Jika Anda merasa cemburu, merasa kalah, atau merasakan emosi negatif lainnya, tak perlu menghindar atau menyembunyikannya. Sebaliknya, hadapi itu dan biarkan diri Anda merasakan semuanya. Cara ini akan membuat Anda merasa lebih tenang dan sadar denganb perasaan Anda sendiri.

- Menerima apa yang tidak dapat diubah
Ada hal-hal yang bisa Anda ubah. Namun, Anda juga harus ingat bahwa banyak juga hal-hal yang tidak bisa Anda ubah. Jika Anda sedang mencoba untuk mengubah suatu hal, pastikan bahwa hal tersebut memang bisa Anda uubah. Namun, jika nyatanya tidak bisa, hentikan dan jangan buang energi Anda untuk hal-hal yang mustahil. (Ningtriasih/Allwomenstalk)
(LOV)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA