Gabung TransJakarta, Kopaja Tinggal Legalisasi

Desi Angriani    •    Sabtu, 27 Jun 2015 15:58 WIB
transjakarta
Gabung TransJakarta, Kopaja Tinggal Legalisasi
Kopaja Transjakarta----MTVN/Wanda

Metrotvnews.com, Jakarta: Koperasi Angkutan Jakarta (Kopaja) sudah bergabung di bawah manajemen PT TransJakarta. Kini, Kopaja tinggal menunggu proses legalisasi dari pemprov DKI Jakarta.

"Semuanya sedang diproses. Menunggu akses legal saja," kata Ketua Kopaja DKI Nanang Wahyudi kepada Metrotvnews.com, Sabtu (27/6/2015).

Kopaja, jelasnya, siap menerapkan sistem rupiah per kilo meter seperti yang diminta Pemerintah DKI. Namun, belum ada kesepakatan besaran tarif rupiah per kilo meter.

"Bukan kompensasi. Kita dibayar rupiah per kilometer. Jadi penumpang bayarnya ke TransJakarta. Belum dibicarakan (nominal)," ungkap dia.

Dia menambahkan, realisasi kerja sama ini rencananya dimulai bulan depan. Tepatnya setelah Hari Raya Idul Fitri. Saat ini, baru 300 kopaja yang akan bergabung dengan TransJakarta.

"Setelah lebaran, sekitar 300," pungkas dia.

Seperti diketahui, pengurus Kopaja telah menemui Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Mereka membahas perihal revitalisasi angkutan umum Jakarta dan integrasi Kopaja dengan TransJakarta.

Sistem pembayaran Kopaja yang terintegrasi TransJakarta akan menggunakan transaksi elektronik menggunakan kartu khusus seperti e-money.


(TII)