Tahun Ini, Suku Bunga KUR Turun Jadi 12%

Gervin Nathaniel Purba    •    Sabtu, 27 Jun 2015 16:06 WIB
kur
Tahun Ini, Suku Bunga KUR Turun Jadi 12%
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro (MI/MOHAMAD IRFAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan, mulai akhir Juni ini tingkat suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro resmi turun menjadi 12 persen. Akhirnya, pemerintah telah merealisir rencananya untuk memberikan subsidi agar tingkat suku bunga KUR turun.

Bambang menjelaskan, untuk memberikan subsidi agar suku bunga KUR menjadi 12 persen, maka pemerintah telah menaikkan anggaran untuk subsidi bunga KUR sebesar Rp1 triliun.

"Subsidi bunga KUR yang sudah ada dalam anggaran pemerintah sebesar Rp400 miliar dinaikkan menjadi Rp1 triliun," kata Bambang, seperti dikutip dari laman Setkab, di Jakarta, Sabtu (27/6/2015).

Menurut Bambang, adanya penambahan dana sebesar Rp600 miliar disiapkan untuk menyokong turunnya suku bunga KUR. Dana tersebut diambil dari realokasi dana dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Nantinya, KUR mikro ini dapat diakses oleh pelaku usaha mikro dan kecil dengan besaran kredit Rp25 juta tanpa agunan.

Pada kesempatan sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan, pemerintah akan memberikan subsidi bunga sehingga KUR tersebut bisa dikenakan bunga sekitar 12 persen. Selisihnya yang ada sekarang ini disubsidi oleh pemerintah.

"Subsidi bunga KUR hingga kena bunga cuma 12 persen itu diberlakukan tahun ini. Adapun sumber dananya berasal dari dana subsidi harga bahan bakar minyak (BBM) yang dialihkan ke sektor yang lebih produktif," pungkas Sofyan.


(ABD)