ASDP Merak Optimalkan 5 Dermaga

Antara    •    Sabtu, 27 Jun 2015 16:10 WIB
asdp merak
ASDP Merak Optimalkan 5 Dermaga
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Metrotvnews.com, Lebak: PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak mengoptimalkan lima dermaga untuk mengatasi lonjakan kendaraan yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, pada arus mudik Lebaran 2015.

"Kami berharap pengoptimalan kelima dermaga itu bisa memperlancar arus kendaraan yang akan naik ke atas kapal Roll On Roll Off atau Ro-Ro," kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario S Oetomo, saat dihubungi, di Merak, Sabtu (27/6/2015).

Ia mengatakan, pengoptimalan lima dermaga itu diharapkan tidak terjadi penumpukan kendaraan maupun antrean panjang pada arus mudik tersebut, sehingga pemudik dapat tiba di daerah tujuan tepat waktu. Para pemudik setelah tiba di dermaga bisa langsung naik ke atas kapal yang bersandar di pelabuhan untuk diseberangkan.

"Kami yakin pengoptimalan lima dermaga itu cukup efektif untuk menampung ratusan kendaraan sehingga arus lalu lintas berjalan lancar," jelasnya.

Ia menjelaskan, lima dermaga itu adalah Dermaga I, II, III, IV, dan V. Ia memperkirakan, jumlah kendaraan di atas 6.000 unit terdiri dari sepeda motor, mobil pribadi, dan truk. Jumlah penumpang pada arus mudik Lebaran 2015 diperkirakan mengalami kenaikan sekitar tujuh persen dan didominasi kendaraan roda dua.

PT ASDP Merak mengoperasikan sebanyak 30 kapal Ro-Ro untuk mengatasi lonjakan penumpang arus mudik Lebaran. "Pengoperasian 30 kapal tersebut bisa melakukan perjalanan penyeberangan Merak-Bakauheni di atas 95 trip," ujarnya.

Bahkan, tambahnya, aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Merak antara 10 sampai 20 menit bisa diberangkatkan penyeberangan. "Kami akan menambah kapal lagi jika terjadi peningkatan penumpang dan kendaraan," pungkasnya.
(ABD)