Fahri Sebut Dana Parpol Bisa Cegah Korupsi

M Rodhi Aulia    •    Sabtu, 27 Jun 2015 19:50 WIB
partai politik
Fahri Sebut Dana Parpol Bisa Cegah Korupsi
Wasekjen PKS Fahri Hamzah/Metrotvnews.com/M Rodhi Aulia

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Sekjen PKS Fahri Hamzah kecewa pemerintah membatalkan wacana peningkatan anggaran partai politik. Menurut Fahri, pembiayaan partai politik itu sebagai langkah pencegahan terjadinya korupsi di internal partai politik itu sendiri.

"Negara manapun, kalau mau berantas korupsi itu sederhana. Kuncinya adalah bagaimana membiayai politik. Bisa pakai APBN atau uang swasta," kata Fahri di Kantor DPP Partai Perindo, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, (27/6/2015).

Fahri memaparkan, pembiayaan partai politik oleh negara untuk menutupi kebutuhan partai modern yang terus berkembang. Dia membandingkannya dengan pembiayaan politik di Amerika Serikat.

"Di luar negeri, uang yang jelas dari APBN. Berkaitan dengan kesempatan yang sama menggunakan media," terang dia.

Dari sana, pemerintah harus memiliki konsep dan mekanisme pembiayaan tersebut. Konsep itu harus diterjemahkan dalam regulasi yang sangat detail tentang bagaimana mengelola dana berpolitik tersebut. Akan tetapi, ia menduga batalnya pembiayaan, karena pemerintah tidak punya konsep.

"Butuh regulasi detail. Punya konsep enggak pemerintah? Kalau dari APBN bikin regulasi teknis," sesal Fahri.

Kemudian pembiayaan dari swasta, kata Fahri, Amerika sebagai negara demokrasi juga mencontohkan hal yang sama. Terkait penerimaan tersebut, Fahri mendesak agar penyumbang biaya politik itu mendapatkan proteksi khusus dari pemerintah.

"Misalnya equal air time. Nantinya, semua partai dapat kesempatan tayangan yang sama di media. Kalau dari swasta, ya pemerintah harus memberi proteksi. Jangan kalau partai ketemu pihak swasta, dibilang suap-menyuap," pungkas Fahri.

Meski sudah empat kali, secara pribadi Fahri meminta pemerintah melalui Menteri Keuangan untuk peningkatan anggaran tersebut, kini Mendagri Tjahjo membatalkan wacana peningkatan tersebut. Tjahjo beralasan, pihaknya ingin dana tersebut mengalir kepada organisasi masyarakat.


(OJE)

Hatta Ali Merasa Difitnah

Hatta Ali Merasa Difitnah

1 hour Ago

Menurut Hatta, dirinya datang ke Surabaya karena diminta menjadi dosen penguji dalam ujian terb…

BERITA LAINNYA