Pameran Kerajinan Bali Sepi Peminat

Antara    •    Minggu, 28 Jun 2015 11:55 WIB
ukm
Pameran Kerajinan Bali Sepi Peminat
Ilustrasi. ANTARA/ Ujang Zaelani

Metrotvnews.com, Denpasar: Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Denkranasda) Kabupaten Bangli memamerkan ratusan jenis rancang bangun (disain) perhiasan khas Bali pada Pesta Kesenian Bali ke-37 di Taman Budaya Denpasar sejak 13 Juni-11 Juli 2015. Kegiatan pameran yang menjadi ajang untuk memperkenalkan aneka perhiasan Bali ini mengalami sepi permintaan.

Seorang perajin asal Bangli, Ni Wayan Rusmiati, mengeluhkan rendahnya minat pengunjung untuk membeli berbagai jenis kerajinan yang dipajang di stan Dekranasda. Ia mengeluhkan kebanyakan pengunjung hanya melihat lihat saja. Kondisi ini terjadi dari awal pembukaan hingga sekarang.

"Jarang sekali yang membeli, paling hanya melihat lihat saja, kemudian beranjak pergi beralih ke stan lainnya," kata dia ketika ditemui di Bali, Minggu (28/6/2015).

Meski demikian, ia mengatakan tidak kecewa karena ajang PKB bukan hanya untuk mencari keuntungan penjualan semata, tetapi juga sarana memperkenalkan produk kerajinan daerah pada masyarakat luas.

"Setidaknya kami di sini sudah mempromosikan berbagai jenis kerajinan yang kami miliki di Kabupaten Bangli, tentunya yang memiliki kualitas yang tidak kalah bersaing dengan daerah lainnya di Bali," lanjut dia.

Dayu, salah seorang perajin kain di areal PKB mengatakan minat mereka untuk berbelanja berbagai jenis kerajinan rendah.

Ia mengatakan, jika terus seperti itu, pihaknya pesimistis akan mendapatkan keuntungan banyak dari penjualan berbabagi jenis kain lokal Bali yang bernilai seni tinggi apalagi sewa stan PKB cukup mahal yakni mencapai Rp6 juta selama sebulan.

"Saya kira untung yang didapat pasti sedikit sekali, bukan hanya saya saja tetapi hampir semua perajin, lain pihak, jumlah perajin sekarang memang menurun tetapi minat pembelikan menurun juga," imbuhnya.

Lain lagi dengan Luh Purnami salah seorang perajin kain Bali mengeluhkan sepinya pembeli pada arena PKB tahun ini jika dibandingkan dengan PKB tahun sebelumnya. Ia mengaku pengunjung banyak berbelanja hanya pada Sabtu dan Minggu saja, padahal pada pelaksanaan tahun lalu pengunjung selalu ramai berbelanja hampir setiap hari.




(SAW)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

4 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA