Alasan Supermarket Giant Belum Tarik Beras Palsu RISO

LB Ciputri Hutabarat    •    Minggu, 28 Jun 2015 14:24 WIB
beras
Alasan Supermarket Giant Belum Tarik Beras Palsu RISO
Beras organik palsu merek RISO di Supermarket Hero Citraland. Foto: MTVN/LP Ciputri Hutabarat.

Metrotvnews.com, Jakarta: Supermarket Giant yang terletak di Plaza Semanggi, Jakarta Selatan belum berencana akan menarik beras organik palsu RISO dari etalasenya. Padahal, beras merek tersebut dinyatakan palsu oleh Polda Metro Jaya beberapa hari yang lalu.

"Belum ada kabar, soal beras palsu. Jadi belum kita tarik. Sampai sekarang belum ada perintah ke kita," kata Kepala Grocery Supermarket Giant Plaza Semanggi Syafruddin kepada Metrotvnews.com di lokasi, Minggu (28/6/2015).

Untuk menarik suatu barang, pihaknya mengaku harus mendapat izin dari kantor pusat Hero yang berada di daerah Bintaro. Jika nanti akan ada perintah demikian, dirinya mengaku akan langsung menarik barang tersebut.

"Perintah semua dari HO (Kantor Pusat). Masa belum dapat perintah kita main tarik saja. Tapi kalau memang ada pengumuman gitu pasti kita tarik. Kita kembalikan kalau bisa dikembalikan, kalau enggak ya kita bakar," imbuhnya.

Sementara itu, Syafruddin juga menjelaskan pihak cabang hanya berada pada posisi menjual. Bukan berhubungan langsung dengan pihak yang memproduksi barang tersebut. Tambahnya lagi, kantor pusatlah yang berhubungan langsung dengan distributor.

"Kita cuma jualan di sini sama ambil barang. Kalau izin masuk ke sini semua dari pusat. Supplier menjajakan barang ke sini terus pusat yang ngasih ACC," tukasnya.

Sampai pukul 13.40 WIB, Supermarket Giant belum menarik beras tersebut. Beberapa waktu yang lalu, Polda Metro Jaya menggerebek dua gudang produksi beras palsu merek RISO di Jalan Daan Mogot. Beras ini sebelumnya beras merek Burung Dara yang diganti kemasannya dengan beras organik RISO.

Tak hanya ganti kemasan, beras tersebut juga dicampur dengan bahan kimia. Padahal, pada label kemasan, RISO tak mengandung bahan kimia seperti pestisida dan diklaim pula bebas dari gula. Sayangnya, di beberapa supermarket besar, RISO masih mejeng di etalase beras.


(MBM)