Setelah Longsor, Pemkab Yakin Pantai Sadranan Masih Diminati Pengunjung

Ahmad Mustaqim    •    Minggu, 28 Jun 2015 14:41 WIB
longsor
Setelah Longsor, Pemkab Yakin Pantai Sadranan Masih Diminati Pengunjung
Evakuasi korban longsor tebing Pantai Sadranan pada 17 Juni 2015, Metrotvnews.com/ Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul, Yogyakarta, optimistis pesona alam sebagai obyek wisata tetap menarik turis. Meski tebingnya runtuh beberapa waktu lalu, pemerintah setempat yakin pengunjung masih mendatangi Pantai Sadranan.

"Kami yakin (wisatawan) tidak terpengaruh. Pantai di Gunungkidul banyak, dan setiap hari libur selalu menjadi tujuan wisatawan, apalagi libur lebaran. Pantai menjadi destinasi yang paling banyak dikunjungi," kata Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Gunungkidul, Hary Sukmono, ketika dihubungi pada Sabtu (27/06/2015).

Jelang Lebaran, tutur Hary, pemerintah mempersiapkan penyambutan kedatangan wisatawan. Langkah penting yang mulai dilakukan yakni memasang rambu-rambu larangan berteduh di cerukan karang sekitar Pantai di sepanjang pesisir Gunungkidul. Hal itu dianggap penting lantaran demi keselamatan pengunjung dan memberikan rasa aman saat menikmati lokasi wisata.

"Kami tidak main-main dengan keselamatan wisatawan. Rambu-rambu akan kami pasang di setiap pantai," kata Hary menegaskan.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan SAR pantai serta  kelompok sadar wisata guna melakukan pengawasan terhadap aktivitas wisatawan. Selain itu, mereka nantinya bertugas mengingatkan wisatawan agar mematuhi peringatan-peringatan yang ada, misalnya tidak mandi di laut.

"Pemasangan rambu nantinya akan dibantu dari SAR dan kelompok sadar wisata. Sebelum libur lebaran target kami harus sudah terpasang," kata dia.

Longsor terjadi pada 17 Juni 2015. Tebing mendadak longsor dan menimbun sejumlah orang. Hingga pencarian selama beberapa hari, tim gabungan menemukan empat orang tewas dalam kejadian itu. Sementara dua lainnya selamat.


(RRN)