Harga Ikan di Pangkal Pinang Naik

Antara    •    Minggu, 28 Jun 2015 15:13 WIB
perikanan
Harga Ikan di Pangkal Pinang Naik
Pemerintah tangkap pencuri ikan di Natuna -- ANTARA/Fanny Octavianus

Metrotvnews.con, Pangkal Pinang: Harga ikan di sejumlah pasar di Kota Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung naik karena kurangnya hasil tangkapan nelayan akibat kondisi cuaca di perairan yang memburuk.

"Saat ini nelayan kesulitan untuk meningkatkan hasil tangkapannya karena angin di sekitar perairan di daerah ini cukup kencang sehingga berdampak langsung terhadap kenaikan harga ikan," kata seorang pedagang, Basri di Pangkal Pinang, Minggu (28/6/2015).

Dia menambahkan, hasil tangkapan nelayan yang berkurang mengakibatkan harga di tempat pelelangan ikan naik dan pedagang harus membayar dengan harga yang lebih tinggi dibanding sebelumnya, sehingga harga jual ikan di pasaran pun ikut naik.

Saat ini harga Ikan Dencis naik menjadi Rp14 ribu per kilogram (kg) dibandingkam harga sebelumnya Rp10 ribu per kilogram, harga Ikan Kerisi juga naik menjadi Rp50 ribu per kg dari sebelumnya Rp40 ribu per kg. Sementara itu harga Ikan Ciu seharga Rp25 ribu per kg dari sebelumnya Rp20 per kg.

“Sedangkan harga cumi-cumi bertahan tinggi Rp43 ribu per kg,” kata dia. 

Menurut dia, harga ikan biasanya akan kembali normal jika hasil tangkapan nelayan dapat memenuhi permintaan konsumen. "Jika hasil tangkapan nelayan belum maksimal maka harga akan tetap bertahan tinggi. Saat ini kebanyakan nelayan tradisional libur melaut karena takut angin kencang akan membahayakan keselamatan mereka," ujarnya.

Andre, seorang pedagang ikan lainnya yang mengakui saat ini harga ikan naik karena nelayan kesulitan meningkatkan hasil tangkapan. Kenaikan harga ikan membuat pelanggan mengurangi jumlah pembelian ikan sehingga pedagang terpaksa mengurangi jumlah stok yang dibawanya.

"Jika harga ikan mahal pelanggan akan membatasi jumlah belinya misalnya biasa membeli dua hingga tiga kg sekarang hanya membeli satu kg," ujarnya.


(SAW)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

2 hours Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA