Kebakaran Komnas PA Ludeskan 12.000 Data Pengaduan

Annisa ayu artanti    •    Minggu, 28 Jun 2015 15:22 WIB
kebakaran
Kebakaran Komnas PA Ludeskan 12.000 Data Pengaduan
Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait menunjukkan lokasi penyimpanan data pengaduan perlindungan anak--Foto: MTVN/Annisa Ayu Artanti

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebakaran melahap Kantor Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) pada Sabtu, 27 Juni malam menelan banyak kerugian.

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait menaksir kerugian mencapai ratusan juta. Namun kerugian yang paling besar adalah hilangnya data-data pengaduan terkait perlindungan anak.

"Taksirannya ratusan juta, tidak miliaran. Ada 12.000 data yang terdokumentasi baik empat tahun ya. Sejak 2010 kita back up ulang," kata Arist, saat konferensi pers di di Kantor Komnas Perlindungan Anak, Jalan TB Simatupang, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Minggu (28/6/2015).

Arist menjelaskan, api melahap empat ruangan yang yaitu ruangan tempat tinggal pegawai Kemensos, ruang transit, ruang arsip, dan ruang sekjen.

"Yang terbakar empat ruangan. Satu ruangan vital penyimpanan dokumen-dokumen penting. Satu kamar tempat tinggal pegawai Depsos, satu kamar transit dan ruang sekjen," jelas dia.

Pihaknya akan menyelidiki data-data yang raib dilahap si jago merah dengan cara menelusuri data-data digital. "Kita mau cek backup-nya ada atau tidak. Ruang sekjen ada beberapa dokumen. Semoga tidak ikut terbakar," tambah dia.

Arist mengatakan, masih menunggu kepolisian untuk olah tempat kejadian perkara (TKP). "Olah TKP akan diadakan besok sekitar pukul 09.00. Hari ini mereka baru dapat data. Foto-foto," pungkas dia.

Sebagai informasi, kejadian kebakaran yang terjadi di Kantor Komnas PA ini terjadi sekitar pukul 20.30 WIB, Sabtu, 27 Juni 2015. Tidak ada korban dalam kejadian ini.


(MBM)