Pasokan Daging di Pekanbaru Stabil

Antara    •    Minggu, 28 Jun 2015 15:31 WIB
ramadan 2015
Pasokan Daging di Pekanbaru Stabil
Impor daging sapi (ANTARA FOTO,Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru mengungkapkan pasokan daging sapi di Ibu kota Provinsi Riau  stabil dengan persediaan delapan ton per hari di sepanjang masa Ramadan.

"Memasuki minggu kedua Ramadan pasokan dan permintaan daging sapi kembali stabil delapan ton per hari," kata Kabid Peternakan Distanak Pekanbaru, Firdaus, di Pekanbaru, Minggu (28/6/2015).

Firdaus menuturkan pada H-3 Ramadan, pasokan daging relatif meningkat seiring permintaan yang bertambah. Jumlahnya mencapai 40 ekor per hari, atau naik dari hari biasa.

Peningkatan ini mengantisipasi permintaan saat menyambut Ramadan dan memenuhi kebutuhan hari pertama puasa. Namun seiring hari berjalan menu sahur di luar daging sudah menjadi alternatif pilihan, sehingga permintaan kembali normal.

"Sekarang kembali normal, dan diperkirakan baru akan naik lagi pada H-7 Idul Fitri," ujarnya.

Oleh karena itu masyarakat tidak perlu khawatir karena Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru menjamin stok daging sapi aman dan mencukupi hingga Idul Fitri.

"Saat ini harga masih stabil diharga Rp100 ribu-Rp110 ribu per kilogram (kg), sementara itu stok cukup delapan ton per harinya. Jumlah itu telah memenuhi kebutuhan daging di Pekanbaru, sehingga tidak mungkin terjadi kekurangan," ujarnya.

Melambungnya harga daging saat ini dibandingkan hari-hari biasa bukan disebabkan stok yang berkurang, tapi hal ini karena ulah oknum pedagang.

Menurutnya momen bulan Ramadan ini selalu dimanfaatkan para pedagang mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan menaikkan harga dagangannya.

"Mereka bisa melakukan hal ini karena tidak khawatir dagangannya tidak akan dibeli konsumen," tuturnya.

Sejauh ini pihaknya sendiri senantiasa melakukan pemantauan terhadap ketersediaan daging sapi di sejumlah pasar tradisional. Berdasarkan hasil pantauan di beberapa tempat tak ada kendala untuk stok daging.



(SAW)