"Si Dame" Beraksi di Solo

Pythag Kurniati    •    Minggu, 28 Jun 2015 16:09 WIB
keseniankebudayaan
Salah satu drama asli Batak dipentaskan di Solo. Foto: MTVN/Pythag

Metrotvnews.com, Solo: Perantau asal Batak mempererat persaudaraan melalui sebuah pentas budaya di acara Persatuan Masyarakat Batak Solo Raya (PMBS). Pentas bertajuk Pagelaran Malam Budaya Batak 2015 ini banyak didatangi perantau asal Batak yang bermukim di Solo.

Pementasan ini membawakan kisah 'Si Dame' karya sutradara Daniel Raja Ksatria Nainggolan. Cerita ini mengisahkan Dame, seorang gadis asal Batak, yang sangat mencintai budayanya. Selain sarat akan tari mau pun kostum daerah, pementasan Si Dame juga dibawakan dengan bahasa Batak.

Harrison Silaen selaku ketua bidang budaya PMBS mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan kecintaan anak-anak muda perantau asal Batak di eks Karesidenan Surakarta pada budayanya. "Kita ingin anak-anak muda asal Batak ini tak lupa budayanya meskipun merantau di mana saja," kata Harrison saat ditemui di Taman Budaya Jawa Tengah, Solo, Sabtu (27/06/2015) malam.

Di eks Karesidenan Surakarta terdapat sekitar 363 kepala keluarga perantau asal Batak yang tergabung dalam PMBS. Mencakup di dalamnya sub-etnis Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Pakpak/Dairi, Batak Karo, dan Batak Mandailing. "Dengan acara ini kita harapkan tidak ada sekat antara kelima sub-etnis ini," tandas Harrison.

Rencananya acara serupa akan digelar setiap dua tahun sekali dengan menampilkan berbagai hasil budaya Batak.


(UWA)