Menteri Rini Sempat Ragukan Kemampuan Pindad

Suci Sedya Utami    •    Minggu, 28 Jun 2015 16:29 WIB
Menteri Rini Sempat Ragukan Kemampuan Pindad
MI-Susanto

Metrotvnews.com, Bandung: PT Pindad (Persero) saat ini makin membentangkan sayap bisnisnya bukan hanya pada produksi persenjataan. Pindad mulai merambah produksi alat berat berupa ekskavator yang akan dikeluarkan 17 Agustus 2015.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengaku, awalnya dia tidak percaya jika anak asuhnya tersebut mampu mengembangkan dan memproduksi alat berat jenis ekskavator karena perusahaan pelat merah tersebut hanya  memproduksi persenjataan hingga kendaraan tempur.

"Waktu itu saya dikirimkan foto ekskavator oleh Pak Silmy (Dirut Pindad). Lalu pertanyaan saya waktu itu, apakah ini sudah bisa jalan atau tidak?" kata Rini saat mengunjungi Kantor Pindad, Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 27 Juni 2015).

Sampai akhirnya Rini menyaksikan sendiri, hasil produksi ekskavator Pindad. Dia semakin yakin Pindad tidak hanya mampu mengembangkan industri strategis pertahanan, namun bisa mengembangkan teknologi lainnya.

Dirinya sanksi research and development (RnD) Pindad akan bisa berkembang jika tidak mengembangkan diri kepada bisnis nonpertahanan. Selain itu  dengan masuk ke bisnis ekskavator, Pindad bisa menggenjot pendapatan lebih tinggi.

"Kalau di pertahanan saja kemampuan RnD-nya rendah. Kalau bisa menggarap pasar komersial, dia bisa punya kondisi keuangan lebih sehat sehingga punya dana untuk kembangkan RnD," pungkasnya.

(SAW)