Perajin Perikanan Babel Dikucuri Rp400 Juta

Antara    •    Minggu, 28 Jun 2015 16:38 WIB
perikanan
Perajin Perikanan Babel Dikucuri Rp400 Juta
Maluku lumbung perikanan nasional (ANTARA FOTO,Irwansyah Putra/Saptono)

Metrotvnews.com, Pangkalpinang: Dinas Kelautan dan Perikanan Bangka Belitung mengganggarkan dana Rp400 juta untuk membantu perajin olahan hasil perikanan guna meningkatan kualitas dan produktivitas usaha kecil menengah.

Kabid Bina Usaha dan Pemasaran Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Babel Harun menuturkan dana bantuan ini akan disalurkan kepada perajin dalam bentuk barang, bukan berbentuk uang tunai bantuan akan di fokus kepada perajin Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka dan Kota Pangkalpinang pada tahun ini.

“Bantuan barang senilai dana Rp400 juta berasal dari APBD 2015 untuk meningkatkan daya saing produk berbagai makanan olahan hasil perikanan seperti kerupuk kemplang, kricu, terasi, kripik cumi, lakso, empek-empek, tekwan dan lainnya,” kata dia di Pangkalpinang, Minggu (28/6/2015).

Selama ini, kata dia, peralatan dan pengolahan hasil perikanan masih dilakukan secara sederhana sehingga perajin sulit meningkatkan produksi berbagai makanan berbahan baku ikan tersebut. "Bantuan ini dalam upaya mendorong perajin menggunakan peralatan semi modern, sehingga mereka mudah meningkatkan usahanya," ujarnya.

Ia berharap perajin yang mendapatkan bantuan untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan bantuan tersebut. "Kami berharap perajin yang belum mendapatkan bantuan bersabar dan mudah-mudahan tahun depan mendapatkan bantuan peralatan dalam meningkatkan usahanya," ujarnya.


(SAW)