Tertutup, Riset Dana Parpol Sangat Sulit

Intan fauzi    •    Senin, 29 Jun 2015 07:52 WIB
partai politik
Tertutup, Riset Dana Parpol Sangat Sulit
Anggota DPR mengikuti Rapat Paripurna ke-34 DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis 25 Juni 2015. Antara Foto/Hafidz Mubarak A

Metrotvnews.com, Jakarta: Riset mengenai dana partai politik (parpol) sangat sulit dilakukan. Pasalnya, partai politik tidak terbuka soal dana.

"Riset dana parpol merupakan riset yang sulit karena susah mendapatkan data dana parpol. Nampaknya masih enggan terbuka dan akuntabilitas," kata peneliti Forum Masyarakan Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus, dalam Program Bincang Pagi Metro TV, Senin (29/6/2015).

Padahal, partai politik dan para wakilnya di parlemen bekerja atas dasar kepercayaan dari masyarakat. "Parpol dan DPR bekerja dalam ranah tergantung kepercayaan publik," imbuh Lucius.

Maka, lanjut Lucius, wajib bagi parpol untuk terbuka kepada publik jika ingin mendapatkan kepercayaan. Selain itu, mereka juga harus bekerja sungguh-sungguh untuk menunjukkan keseriusan mereka melayani masyarakat.

"Mulai ditunjukkan kerja terbaik mereka. Itu sangat penting teman-teman di DPR untuk menunjukkan," ujar nya.

"Korupsi semakin ditekan kemudian bekerja serius untuk publik. Masalahnya, belum mulai kerja satu tahun mereka sudah banyak mengeluarkan permintaan, itu yang membuat pembenahan dana politik belum terpenuhi," sambungnya.


(TRK)