Samsung Kembangkan Teknologi Baterai Baru

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 29 Jun 2015 10:40 WIB
samsung
Samsung Kembangkan Teknologi Baterai Baru
Samsung sedang mengembangkan teknologi baru untuk baterai. AFP PHOTO / JUNG YEON-JE

Metrotvnews.com: Sekarang ini, solusi yang ditawarkan produsen smartphone agar gadget Anda dapat bertahan lama adalah dengan menggunakan baterai sebesar mungkin. Lalu bagaimana jika hal itu tak mungkin dilakukan?

Samsung sedang melakukan penelitian untuk menyelesaikan masalah ini. Para peneliti Samsung sedang mengembangkan baterai lithium-ion yang dijanjikan akan bertahan lebih lama.

Baterai ini akan menggunakan anoda silikon, yang menjanjikan daya yang lebih besar dari yang dimiliki baterai yang ada sekarang ini. Sayangnya, penggunaan anoda silikon akan mengurangi tingkat kepadatan dan masa hidup baterai. Karena itulah, para peneliti Samsung juga menggunakan lapisan graphene di bagian atas baterai untuk mengatasi hal ini.

Dalam eksperimen yang mereka lakukan, mereka berhasil membuat baterai dengan kepadatan 1,5 hingga 1,8 kali lipat dari baterai yang ada sekarang ini. Dengan kata lain, jika baterai yang ada sekarang hanya akan bertahan kurang lebih 12 jam, maka baterai ini akan dapat bertahan selama 21 jam - cukup lama sehingga Anda tidak perlu khawatir ponsel Anda tidak akan bertahan jika Anda lupa mengisi baterainya hingga penuh sebelum tidur.

Meskipun begitu, jangan harap Samsung akan menggunakan baterai ini pada produk buatan mereka dalam waktu dekat. Baterai dengan teknologi baru ini masih dalam tahap pengembangan.

Mungkin, Samsung akan membutuhkan waktu bertahun-tahun sebelum mereka dapat mengimplementasikan teknologi ini pada gadget yang mereka jual. Meskipun begitu, jika mereka sukses membuat baterai dengan daya lebih besar tanpa memperbesar ukuran baterai, teknologi tersebut akan sangat penting dalam dunia gadget. (Engadget)


(ABE)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

4 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA