Pengamat: Sekolah Partai Bukti PDIP Serius Hadapi Pilkada Serentak

Antara    •    Senin, 29 Jun 2015 11:02 WIB
pdip
Pengamat: Sekolah Partai Bukti PDIP Serius Hadapi Pilkada Serentak
Ilustrasi--Antara/Ali Anwar

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelaksanaan Sekolah Partai untuk calon kepala daerah dari PDI Perjuangan dinilai sebagai langkah strategis dan logis. Kepala daerah tersebut akan diperhitungkan dalam pelaksanaan Pilkada serentak pada 9 Desember 2015.

"Melalui langkah persiapan yang amat serius itu, lepas dari kelemahan yang mungkin masih ada, maka pantas jika siapapun pasangan yang diusung atau didukung oleh PDI Perjuangan pasti akan menjadi pasangan calon yang paling diperhitungkan dalam tiap daerah yang menggelar pilkada serentak 2015," kata dosen politik FISIP Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Haryadi, di Jakarta, Senin (29/6/2015).

Dia menuturkan, sekolah partai yang digelar PDIP menunjukkan keseriusan menghadapi Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada akhir tahun ini. Para kepala daerah yang akan maju dari partai itu akan sangat diuntungkan dengan adanya program itu.

Harus diakui PDIP adalah parpol paling siap menyongsong Pilkada serentak 2015 jika dibandingkan dengan partai-partai lain.

Kesiapan itu terkait dengan kepentingannya bahwa sukses Pilkada adalah juga sukses pemerintahan nasional. Artinya, lanjut dia, jika PDIP memenangi Pilkada serentak di banyak daerah, maka dengan sendirinya akan lebih menjamin koordinasi dan efektivitas pemerintahan nasional yang dipimpin oleh Presiden dari PDIP.  

"Makanya menjadi logis jika PDIP amat serius menyongsong Pilkada 2015. Keseriusan itu tercermin dengan menggelar sekolah partai bagi calon kepala daerah atau calon wakil kepala daerah yang telah mendapat rekomendasi pimpinan pusat partai," jelas Haryadi.

Di dalam proses sekolah partai itu, sambung dia, niscaya para calon kepala daerah/calon wakil kepala daerah takkan sekadar dibekali strategi pemenangan dalam Pilkada serentak. Tetapi juga penguatan ideologi partai dan pendalaman visi-misi pemerintahan Jokowi-JK. Plus dibekali prinsip etik dalam relasi antara petugas partai dengan partainya.

Sementara, bagi PDIP persiapan Pilkada lewat kelembagaan sekolah politik ini juga merupakan model baru dalam perjuangan mengoptimalkan kemenangan. Kegiatan itu akan mengukuhkan komitmen calon terhadap prinsip-prinsip partai. "Ini patut diacungi jempol dan pasti akan menjadi inspirasi bagi partai-partai yang lain," tuturnya.

DPP PDIP secara resmi telah membuka sekolah partai untuk calon kepala daerah angkatan pertama, yang akan mengikuti pilkada serentak pada akhir tahun ini. Acara pembukaan itu dilakukan di Gedung DPP PDIP, Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, dengan dihadiri ratusan kader dan calon kepala daerah, Minggu (28/6/2015).

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengingatkan para calon kepala daerah yang maju ke pilkada serentak untuk benar-benar bekerja keras. Diharapkan para calon kepala daerah tak sekedar memanfaatkan PDIP sebagai kendaraan politik. "Kami hanya merekomendasikan, kalian lah para calon yang harus berjuang mati-matian. Partai akan mendorong dengan menggerakkan seluruh lapangan yang bisa kami lakukan," tegas Megawati saat berbicara di hadapan peserta Sekolah Partai.

Sementara dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan dimulainya program sekolah partai menjadi penanda kesiapan partai itu mengikuti pilkada serentak. "Sekolah Partai ini adalah wujud keinginan membangun kekuatan secara bersama-sama. PDIP ingin memenangkan pemilu dengan cara gotong royong," kata Hasto.

Sebanyak 137 orang calon kepala daerah menjadi peserta Sekolah Partai. Mereka akan dikonsentrasikan dan digembleng hingga 3 Juli mendatang di lokasi pendidikan, di Cimanggis, Depok.


(YDH)