Banyak Keringat Bisa Memicu Digigit Nyamuk?

   •    Senin, 29 Jun 2015 13:25 WIB
kesehatan
Banyak Keringat Bisa Memicu Digigit Nyamuk?
Nyamuk mengincari orang yang banyak memiliki CO2. (Foto:foxnews.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada banyak teori tentang mengapa nyamuk hanya senang menyerang beberapa orang saja dan bukan setiap orang. Beberapa bukti besar menjelaskan bahwa kelompok orang yang memancarkan lebih besar CO2, peminum bir dan orang-orang berkeringat, memiliki daya tarik tersendiri bagi nyamuk.

Mengapa nyamuk menyerang beberapa orang saja?

Tidak ada seksisme di sini tapi hanya nyamuk betina akan menggigit karena mereka membutuhkan darah mamalia untuk memberi makan telur mereka. Ada juga 150 spesies di Amerika Serikat saja dan mereka semua memiliki preferensi untuk memperbaiki darah ideal mereka. Beberapa percobaan menggunakan satu spesies nyamuk dan kemudian mendapatkan hasil yang berbeda ketika mereka mengulangi percobaan dengan salah satu alternatif.

Nyamuk pemilih dan mereka menginginkan yang terbaik untuk telur mereka. Beberapa percobaan mencoba produksi bahan kimia dan mikroba yang membuat bau badan yang unik. Tapi, nyamuk tahu persis campuran kimia yang tepat dan baunya karena ini begitu akurat mewakili darah yang mereka inginkan. Mereka juga dapat mendeteksi aroma ini hingga 100 kaki.

Golongan darah Anda merupakan faktor lain

Dalam satu percobaan yang terbatas, mereka menemukan bahwa nyamuk lebih suka orang-orang dengan tipe darah O dua kali lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tipe A. Hal ini menarik untuk mengetahui bahwa di 85 persen dari kasus, Anda benar-benar mengirim sinyal kimia yang menunjukkan golongan darah yang Anda miliki.

Apa yang membuat banyak keringat jadi incaran nyamuk?

Asam laktat tampaknya menjadi daya tarik yang pasti untuk sebagian besar spesies nyamuk dan telah ada studi penelitian lebih lanjut tentang ini. Ketika Anda makan makanan tertentu seperti keju, kedelai, yogurt dan sayuran acar dan melakukan olahraga berat, Anda akan memiliki lebih banyak asam laktat pada kulit Anda. Itu sangat menarik untuk beberapa spesies nyamuk.

Cara praktis untuk menjaga nyamuk menjauh

Anda perlu mengambil tindakan pencegahan yang sederhana seperti menutupi bagian kulit yang tidak terkena kain pakaian. Anda juga bisa menanam tanaman herbal di kebun atau balkon rumah karena itu benar-benar mampu mengusir nyamur. Gigitan nyamuk bisa berakibat fatal untuk kesehatan, apalagi nyamuk malaria. (Sumarni/Lifehack)


(LOV)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

6 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA