Status Gunung Raung Dikoordinasikan ke Otoritas Bandara Juanda

Laela Badriyah    •    Senin, 29 Jun 2015 13:39 WIB
gunung raung
Status Gunung Raung Dikoordinasikan ke Otoritas Bandara Juanda
Bandara Internasional Juanda Sidoarjo, Jawa Timur, Metrotvnews.com/ Amaluddin

Metrotvnews.com, Jember: Status Gunung Raung di Jember, Jawa Timur, naik menjadi siaga. Petugas pos pengamatan Gunung Raung pun mengkoordinasikan kondisi itu ke otoritas Bandara Internasional Juanda Sidoarjo. Sebab, hujan abu vulkanik berpotensi mengganggu penerbangan.

"Sebab, jalur penerbangan di Bandara Juanda termasuk padat dan melintasi area sekitar Gunung Raung," kata Kepala Pos Jaga Wilayah Barat Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan kepada Metrotvnews.com melalui sambungan telepon, Senin (29/6/2015).

Jalur penerbangan di Juanda, kata Hendra, melayani rute Denpasar-Jakarta, Denpasar-Surabaya, dan Surabaya-Jakarta. Dengan informasi status Gunung Raung, otoritas bandara dapat mempertimbangkan keselamatan penerbangan.

Hendra mengatakan PVMBG akan terus memberikan informasi terbaru ke BMKG terkait perkembangan aktivitas Gunung Raung. Sehingga, informasi itu dapat diteruskan untuk kepentingan penerbangan.

Status Gunung Raung naik sejak pukul 09.00 WIB. Menurut Hendra, peningkatan aktivitas Gunung Raung terjadi dalam empat hari terakhir. Amplitudo gempa tremor naik dari 11 menjadi 21 milimeter.

"Peningkatan itu (amplitudo gempa tremor) termasuk tinggi," ujar Hendra.

Selain itu, dentuman dan sinar api pun muncul dari puncak gunung. PVMBG pun menetapkan radius aman sejauh 3 Km dari puncak gunung.


(RRN)