AMD Rilis Fury X di Indonesia Hari Ini, Kami Sudah Mengujinya

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 29 Jun 2015 14:30 WIB
amd
AMD Rilis Fury X di Indonesia Hari Ini, Kami Sudah Mengujinya
AMD Fury X (MTVN/DANU)

Metrotvnews.com: AMD akan meluncurkan kartu grafis Fury X di Indonesia pada hari ini, Senin (29/6/2015). Perilisan Fury X menandakan era baru kartu grafis AMD yang berbasis teknologi High Bandwidth Memory (HBM) pada pasar kartu grafis PC di Indonesia.

AMD Fury X menggunakan GPU Fiji yang diciptakan untuk menyaingi rivalnya, NVIDIA GTX 980Ti. Selain dilengkapi dengan teknologi HBM, kartu grafis terbaru AMD tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fitur lain untuk menunjang kebutuhan gaming para penggunanya, salah satunya adalah penggunaan sistem pendinginan cair (liquid cooling), sehingga membuat suhunya tak lebih dari 50 derajat.



Teknologi HBM memiliki beberapa keunggulan. Hal tersebut terbukti ketika kami melakukan pengujian eksklusif pada AMD Fury X dengan menggunakan game GTA V. Dalam game tersebut, AMD Fury terbaca dalam sistem memiliki memori sebesar 8GB, padahal memori aslinya hanya sebesar 4GB.

Tidak hanya itu, pengaturan grafis GTA V yang kami jajal memakan memori lebih dari 4GB, namun masih dapat berjalan dengan sangat lancar.

Penggunaan teknologi HBM juga tak hanya berpengaruh pada segi performa, namun juga pada segi ukuran kartu grafis. HBM tak menempatkan memori di sekitar GPU, melainkan terintergrasi dengan GPU itu sendiri. Hal tersebut membuat ukuran kartu grafis yang menggunakan HBM menjadi lebih kecil.



Dari berbagai pengujian yang kami lakukan, mulai dari pengujian game pada resolusi 2560x1440 dan 1920x1080, hingga pengujian dengan menggunakan 3D Mark pada level ekstrem menyimpulkan bahwa kartu grafis ini bukanlah kartu grafis sembarangan. AMD Fury X juga memiliki potensi besar untuk di-overclock karena ia telah menggunakan sistem pendingin cair yang telah terintegrasi. Sementara dari segi pemasaran, beberapa vendor sudah mengumumkan seri Fury, dia ntaranya adalah MSI, dan GIGABYTE.

Kehadiran AMD Fury X memang telah memanaskan pasar kartu grafis PC, dan AMD telah membuktikan diri bahwa mereka masih kuat untuk bertempur dengan NVIDIA. Yang menjadi menarik adalah langkah seperti apa yang akan diambil NVIDIA? Apakah peristiwa "potong harga" akan kembali terulang? Simak terus liputan dari kami saat perilisan AMD Fury X sore nanti.


(ABE)