Copa America 2015

Aktingnya Ketahuan, Gonzalo Jara Dihukum Tiga Laga

Achmad Firdaus    •    Senin, 29 Jun 2015 13:58 WIB
copa america 2015
Aktingnya Ketahuan, Gonzalo Jara Dihukum Tiga Laga
Momen ketika Gonzalo Jara berpura-pura kesakitan sehingga membuat Edinson Cavani di kartu merah (Foto: AFP/CLAUDIO REYES)

Metrotvnews.com, Santiago: Aksi teatrikal Gonzalo Jara memang sukses menipu wasit dan membuat Edinson Cavani mendapatkan kartu merah. Akan tetapi, bek Cile tersebut kini harus membayar mahal perbuatan tidak sportifnya itu.

(BACA: Pelatih Uruguay: Kartu Merah Cavani Sulit Dijelaskan)

Jara berakting seolah-olah habis dipukul atau ditampar Cavani saat tuan rumah Cile bentrok kontra Uruguay pada babak perempat final, Kamis 25 Juni lalu. Padahal, dalam tayangan ulang, striker PSG ini hanya menyentuh wajah Jara dengan tangannya. Itu juga dilakukannya karena refleks atas ulah Jara yang menyentuh bokongnya.

(BACA JUGA: Aksi Colek Bokong Cavani, Jara Bisa Dihukum Berat)

Aksi Jara ini sontak membuat pihak Uruguay kecewa, apalagi mereka juga harus tersingkir usai kalah 0-1. Setelah pertandingam Federasi Sepak Bola Uruguay (AUF) langsung melaporkan aksi teatrikal Jara.

Laporan AUF ternyata mendapat sambutan positif dari komisi disiplin Conmebol yang memutuskan Jara bersalah atas insiden tersebut karena melakukan provokasi lebih dulu. Komdis menjatuhkan sanksi berupa larangan tampil sebanyak tiga laga kepada bek 28 tahun tersebut.

Selain sanksi larangan bermain, bek yang merumput di Bundesliga bersama Mainz 05 ini juga harus membayar denda sebesar USD7.500 atau setara Rp100 juta.

Dengan sanksi di atas, maka, bisa dipastikan karier Jara di panggung Copa America tahun ini sudah berakhir. Seperti diketahui, Cile yang lolos ke semifinal, hanya menyisakan dua pertandingan. Itupun jika mereka lolos hingga ke final.

Pada babak semifinal nanti, Cile akan berhadapan dengan Peru (30/6/2015). Adapun, laga semifinal lainnya akan mempertemukan favorit juara, Argentina kontra Paraguay 1 Juli 2015. (Goal)


(ACF)