Status Gunung Raung Siaga, Pemukiman Warga Masih Dikatakan Aman

Laela Badriyah    •    Senin, 29 Jun 2015 14:03 WIB
gunung raung
Status Gunung Raung Siaga, Pemukiman Warga Masih Dikatakan Aman
Desa Rowosari yang berjarak lebih 7 Km dari Gunung Raung, Metrotv/ Kumbang Ari

Metrotvnews.com, Jember: Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) mengakui belum menyiapkan jalur evakuasi menyusul peningkatan status Gunung Raung di Jember, Jawa Timur, menjadi siaga. Meski demikian, warga diminta tak khawatir karena pemukiman mereka masih dalam jarak aman dari Gunung Raung.

"Masyarakat tidak usah panik. Apalagi, termakan isu yang berkaitan dengan letusan. Sebab PVMBG akan terus menyampaikan informasi terbaru mengenai Gunung Raung," kata Kepala Pos Jaga Wilayah Barat PVMBG Hendra Gunawan kepada Metrotvnews.com melalui sambungan telepon, Senin (29/6/2015).

Hendra mengatakan pemukiman paling dekat dengan Gunung Raung berjarak sekitar 8 Km. Jarak itu, kata Hendra, terbilang aman dari dampak erupsi Gunung Raung.

Namun, ia tak memungkiri abu vulkanik akan berpotensi terjadi di daerah yang berjarak lebih dari 3 Km dari puncak gunung. Bahkan saat berita ini dimuat, abu vulkanik menghujani sebagian wilayah Kabupaten Bondowoso yang berjarak kurang lebih 10 Km di sebelah utara Gunung Raung.

PVMBG, kata Hendra, telah mengoordinasikan potensi itu ke otoritas Bandara Internasional Juanda dan BMKG. Sebab, abu vulkanik dikhawatirkan mengganggu penerbangan yang dilayani otoritas Juanda.

Aktivitas Gunung Raung meningkat dalam dua pekan terakhir. Lontaran lava pijar terjadi di puncak gunung. Dalam empat hari terakhir, amplitudo gempa tremor meningkat dari 11 menjadi 21 milimeter. Dentuman pun terdengar hingga sejauh 20 Km.

Lantaran itu, pada pukul 09.00 WIB, kata Hendra, PVMBG menetapkan status Gunung Raung naik dari waspada menjadi siaga. PVMBG pun meminta warga menghindari zona berbahaya yang berjarak 3 Km dari kawah gunung.


(RRN)